oleh

Bawaslu Ingatkan Timses Tidak Lakukan Kampanye di Minggu Tenang

-Politik-773 views

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Barat (Halbar) ingatkan Partai Politik (Parpol), Calon Legislatif (Caleg) dan Tim Sukses Calon Presiden dan Wakil Presiden untuk tidak melaksanakan kampanye disaat minggu tenang pada 14-17 April mendatang.

Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad menyatakan, minggu tenang yang jatuh pada Minggu (14/4/19) mendatang semua metode kampanye dalam bentuk apapun tidak lagi diperbolehkan, sehingga jika kedapatan ada kandidat dan tim sukses melakukan kampanye, maka akan ditindak sesuai UU Pemilu.

“Jadi kami ingatkan kepada tim maupun kandidat untuk tidak melakukan kampanye di masa minggu tenang,”tegas Alwi kepada wartawan,  Selasa (9/4/19).

Alwi menambahkan, pelanggaran yang dilakukan akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, misalnya seperti pelanggaran konten kampanye di media sosial tidak hanya menyangkut hukum pemilu, tapi juga peraturan lain seperti UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) hingga Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

“Kalau tidak melanggar tindak pidana pemilu, maka kami bisa rekomendasikan ke penegak hukum, untuk ditindaklanjuti sesuai UU ITE atau KUHP,”jelasnya.

Alwi berharap, seluru Panwas Kecamatan,  Panwas desa dan PTPS, agar lebih jelih mengawasi saat minggu tenang, jangan sampai ada kandidat maupun team melakukan blususkan atau hal lain atas kepentingan politik.

“Jadi saya berharap kepada seluruh penyelenggara pengawasan dari kabupaten sampai ke tingkat Desa agar lebih fokus untuk memantau pada minggu tenang,”ujarnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *