oleh

Jalan Lingkar Kecamatan Pulau Hiri Mulai Diaspal

-Kota-1.106 views

2019, Rp 6 Miliyar

Aspal/hotmix di angkut langsung dari Ternate ke Hiri menggunakan kapal landen, Sabtu (2/2/19) kemarin. foto:KadisPUPR

TERNATE – Jalan lingkar Kecamatan pulau Hiri yang luasnya mencapai 9.7 kilometer itu, kini mulai dipoles dengan aspal/hitmox. Pengaspalan dilakukan bertahap mulai 2019 ini.  Dimana harapan warga di Kecamatan Pulau Hiri selama 14 tahun akhirnya bisa terwujud di awal tahun 2019.

Proyek pengaspalan jalan lingkar Pulau Hiri itu menggunakan Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018.  Proses pengaspalan jalan lingkar Hiri itu, kini sedang dilakukan, aspal yang digunakan untuk hotmix pun di angkut langsung dari Ternate dengan menggunakan kapal landen, Sabtu (2/2/19).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kota Ternate, Risval Tribudiyanto, mengatakan hotmix jalan lingkar Hiri yang dikerjakan saat ini dengan volume 4.5 kilometer, dengan proses pekerjaannya per hari volumenya 400 meter, sehingga Risval memastikan pada pekan ini hotmix jalan lingkar Hiri sudah tuntas di kerjakan.

“ Targetnya pekerjaannya 10 hari ke depan sudah tuntas, namun semua tergantung cuaca, sebab suhu aspal ini harus di jaga, dan kami juga tidak akan berani melakukan pengaspalan kalau hujan,” kata Risval ketika dihubungi focusmalut.com, Minggu (03/2/19).

Menurut Dia, pengaspalan hotmix jalan lingkar Hiri sendiri, masih menggunakan anggaran tahun 2018 yang belum sempat dikerjakan sampai akhir tahun kemarin, namun rekanan kerja akan tetap dikenakan denda keterlambatan pekerjaannya. Terkait keterlambatan pekerjaan kemarin, disebabkan karena AMP hanya satu, “ Itu yang jadi kendalanya”, ungkap pria yang sering disapa Budi ini.

Sementara, tahun 2019 ini juga, pihaknya akan melakukan pengaspalan hotmix jalan lingkar Hiri sepanjang 5,4 kilometer dan dipastikan jalan lingkar Hiri akan tuntas. Terkait alokasi anggaran untuk jalan lingkar Hiri di tahun 2018 sebesar 6 milyar, dan untuk 2019 sebesar 6 milyar.

“Selain pengaspalan jalan, tahun ini juga, kita akan buat talud penahan longsor dan perbaikan jalan menuju ke lokasi PLN.” jelasnya

(bud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *