oleh

Korban Gempa di Batang Dua Belum Dapat Bantuan

-Kabar Utama-2.497 views

Kepala BPBD Ternate : Hari Senin Baru Kami Salurkan 

 

TERNATE – Sejak gempa bumi berkekuatan 7, 1 Skala Richter mengguncang Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Jumat (15/11/19) pukul 01.19 WIT dini hari, korban gempa di kecamatan Batang Dua, seperti kelurahan Mayau yang mengungsi ke sejumlah kawasan perbukitan di daerah itu masih belum menerima bantuan.  Baik bantuan tanggap darurat dari Pemerintah, maupun dari Pemerintah Kota Ternate.

Yokpedi Lette, Warga Kelurahan Lelewi, Kecamatan Batang Dua, Sabtu (16/11/2019) tadi, mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan setempat untuk melaporkan ke pemerintah kota agar bisa mendapatkan bantuan dari Pemkot, ternyata hingga saat ini belum terealisasi.

“Warga Batang Dua memang trauma sehingga memutuskan mengungsi pada waktu malam, karena guncangan gempa susulan bisa terjadi sehingga terpaksa harus mengungsikan orang tua dan anak- anak ke daerah perbukitan,” ujarnya

Ketua GAMKI Kota Ternate ini mengakui, mengungsi ke daerah ketinggian dan dilapangan itu pun tanpa tenda. Mereka yang memilih mengungsi karena mengkhawatirkan gempa susulan terjadi.

“Kami berharap Pemerintah Kota Ternate cepat merespon musiba yang menimpa warga Batang Dua, karena ada korban juga, banyak rumah yang rusak, dan rumah ibadah kami,” harap dia mewakili masyarakat disana.

Lambatnya penanganan, Yokpedi menilai ada kesegajaan Pemkot terhadap masyarakat disana. “kami seperti termarginalkan di mata pemerintah Kota. Sudah dua hari tidak ada bantuan dan upaya Pemkot untuk kami, bahkan sudara sudara kami di pulau Tefure juga belum terpantau jelas dikarenakan tidak ada akses jaringan telpon, kami kuatir mereka juga kena Gempa,”keluhnya.

Menanggapi keluhan warga, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Hasim Yusuf kepada wartawan mengaku hingga saat ini,belum ada bantuan yang masuk, untuk itu, pihaknya masih melakukan koordinasi untuk mengumpulkan seluruh bantuan baru disalurkan sekaligus.

“ Karena Batang Dua Jaraknya jauh, kami harus koordinasi dulu dengan seluruh bantuan dari masyarakaat maupun pihak lain. Jadi di kumpulkan sekaligus, baru kita bawa pada Senin besok ke kecamatan Batang Dua,” kata Kepala BPBD

Menurut Hasim, dari laporan yang Ia terima, tidak ada rumah warga yang rusak berat hanya rusak ringan, seperti retak-retak. Bahkan kata Hasim, Warga Batang Dua tidak ada yang mengungsi, sejauh ini kondisi Batang Dua atas laporan Camat keadaan kondusif.

“ Yang jelas Senin besok kami bawa bantuan ke Batang Dua sesuai kebutuhan disana,” jelas Hasim

(Cal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *