oleh

KPU Datangi Bea Cukai Cek Kabar 7 Kontainer Surat Suara Sudah Tercoblos di Priok

-Nasional-1.344 views
KPU mengecek kabar adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Tanjung Priok.

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengecek kabar soal adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara. KPU mengatakan saat ini pihaknya belum melakukan pencetakan surat suara.

“Nyetaknya saja belum. Proses pencetakan surat suara itu masih dalam proses lelang, belum sampai naik cetak,” ujar komisioner KPU Hasyim Asy’ari di kantor KPU, Jl Imam Bonjol Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Hasyim juga mempertanyakan surat suara siapa yang dikabarkan telah tercoblos. Menurutnya, pihak yang mengetahui saat ini dapat melaporkan kejadian tersebut kepada pihak terkait.

“KPU belum nyetak surat suara, kalau sudah ada yang dicetak, surat suaranya siapa?” kata Hasyim.

“Kalau seperti ini, lapor saja ke Bawaslu sama polisi dan ditunjukkan di mana kontainer itu supaya bisa ditelusuri,” sambungnya.

Saat ini KPU RI sedang mengecek kabar terkait adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara, malam ini. Kedatangan ini guna mengecek data kontainer yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

Pada pukul 22.58 WIB rombongan KPU tiba di kantor Pelayanan Utama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tanjung Priok, Jakarta Utara. Hadir di lokasi Ketua KPU Arief Budiman, komisioner KPU Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Viryan Azis, dan anggota KPUD DKI Jakarta.

Arief menyebut maksud kedatangannya untuk mengecek data kontainer yang masuk karena, berdasarkan kabar yang beredar, kontainer itu berasal dari negara asing.

Baca Juga:  Terkait Batas Usia Perkawinan, Menag Siap Laksanakan Putusan MK

“Kita langsung ke (kantor) Bea-Cukai karena di sini ada data kontainer yang masuk. Infonya tadi kalau misalnya tadi kontainer itu berasal dari Tiongkok. Jadi KPU ngecek,” kata Ketua KPU Arief Budiman di lokasi, Rabu (2/1/2019).

Saat ini KPU masih melakukan pertemuan secara tertutup di lantai 3 ruang rapat bidang penindakan dan penyidikan. Bawaslu RI juga hadir di lokasi untuk mengecek kabar surat suara yang sudah tercoblos itu.

Sebelumnya, kabar terkait adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara, beredar di grup WhatsApp. KPU langsung mengecek kabar tersebut malam ini.

Kabar ini juga diinformasikan melalui Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief di akun Twitter. Andi meminta kabar adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok untuk dicek. Namun, saat dicek kembali, cuitan Andi Arief ini sudah dihapus.

“Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yg sudah dicoblos di tanjung priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya. karena ini kabar sudah beredar.1,” cuit Andi Arief.

Screenshoot Cuitan Andi Arief yang sudah dihapus Foto: Dwi Andayani.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *