oleh

KPU Halsel Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

-Politik-268 views
Pemusnahan Surat Suara rusak oleh KPU didampingi Ketua Bawaslu Halsel dan Aparat Kepolisian

BACAN – Sebanyak 10.306 surat suara sisa atau rusak dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara. Pemusnahan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Surat suara tersebut dimusnahkan oleh komisioner KPU dengan cara dibakar di halaman depan kantor KPU Halsel, jalan raya Hidayat, Rabu, (17/4/2019) malam dengan disaksikan pihak aparat kepolisian dan Ketua Bawaslu Kabupaten Halsel, Kahar Yasim.

“Jadi untuk jumlah surat suara yang dibakar sebanyak 10.306 surat suara rusak. Pemusnahan tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada serta menghindari penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Ketua KPU Halsel, Munzir Daeng Abdullah, ketika ditemui  di sela-sela pemusnahan surat suara (SS), Rabu (17/4/2019) tadi.

Menurut Munzir Sebelum dinyatakan rusak atau tidak bisa digunakan, surat suara telah disortir oleh petugas. Adapun surat suara yang dinyatakan rusak antara lain jika terdapat beberapa kriteria seperti gambar tidak jelas, SS merubah bentuk, kertas terpotong, terdapat bercak tinta, sobek, terdapat lubang dan lain-lain.

KPU Halsel sendiri menargetkan jumlah partisipan di Kabupaten Halsel mencapai 75 persen.

“Kami menargetkan 75 persen pemilih menggunakan hak pilihnya. Semoga pelaksanaan pemilu ini hingga akhir berjalan aman, lancar dan damai dan kondusif, itu yang kami harapkan,” pungkasnya.

(bmz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *