oleh

LAGI, Masyarakat Dapat 1.600 Paket Sembako Dari HARITA

paket sembako yang diserahkan oleh Harita Nickel kepada warga di salah satu desa Pulau Obi

HALSEL – Perusahaan tambang dan hilirisasi yang beroperasi di Pulau Obi, HARITA Nickel kembali menyalurkan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan di Halmahera Selatan (Halsel) dan Ternate, Maluku Utara. Kegiatan yang telah dilakukan beberapa kali tersebut bertujuan membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19.

Kali ini, sebanyak 1.600 paket sembako dibagi secara bertahap pada tanggal 7 sampai 13 Agustus 2021. Cakupan wilayah pada kegiatan ini semakin meluas. Sebelumnya, HARITA Nickel telah menyerahkan sembako di desa-desa Pulau Obi yaitu Desa Kawasi, Akegula, Buton, Jikotamo, dan Desa Baru. Tercatat 603 kepala keluarga telah menerima paket sembako tersebut.

Kali ini sebanyak 750 kepala keluarga yang tersebar di Desa Laiwui, Sambiki, Anggai, Air Mangga, Soligi, Kelo dan Dusun Tabuji akan menerima paket sembako serupa.

Kepala Desa Soligi La Madaisi La Siriali mengucapkan rasa terimakasinya kepada HARITA karena telah membantu warga Soligi yang membutuhkan. Madaisi juga berharap program seperti ini akan terus berlanjut ke depannya.

“Kami sangat senang dan berterimakasih kepada HARITA. Saya mewakili Pemerintah Desa berterimakasih atas perhatian HARITA kepada warga yang membutuhkan di desa kami,” ujar Madaisi saat menerima sembako yang diserahkan oleh perwakilan HARITA Nickel.

HARITA Nickel juga mendistribusikan sembako di Labuha, Halsel melalui Pemerintah Daerah Halsel. Pemda kemudian akan mendistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Dinas Sosial. Sekretaris Daerah Halsel, Maslan Hi. Hasan saat menerima 250 paket sembako menyampaikan apresiasinya kepada HARITA Nickel.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Halsel, saya sangat berterima kasih kepada HARITA atas kepeduliannya kepada masyarakat Halsel yang terdampak covid 19. Kami melalui dinas sosial akan segera membagikan paket sembako ini kepada masyarakat. Semoga yang menerima paket sembako ini bisa terbantu secara ekonomi,” ujar Maslan saat menerima paket sembako.

Sementara itu di Ternate, HARITA Nickel menditribusikan 600 paket sembako dengan menggandeng Polda Maluku Utara, Korem 152/Baabullah, Kodim 1501/Ternate, Polres Ternate dan juga mahasiswa Obi yang menimba ilmu di Ternate.

Salah satu mahasiswa OBI, Karman Alimai mengatakan, bantuan sembako yang diberikan oleh HARITA sangat membantu para mahasiswa yang berasal dari Obi. Mahasiswa Obi di masa pandemi Covid-19 juga terdampak sehingga sembako yang diberikan HARITA sangat membantu.

Baca Juga:  Dirjen IKM Dan Aneka, Puji Bupati Danny Missy

“Terima kasih buat HARITA yang telah membagikan sembako kepada mahasiswa Obi. Sembako yang dibagikan ke mahasisiwa akan terdistribusi ke mahasiswa Obi yang tersebar di beberapa perguruan tinggi yang ada di Ternate. Apalagi standar sembako adalah kebutuhan kami yang tinggal di kosan-kosan atau di sekertariat,” ucapnya.

Head of External Relation HARITA Nickel, Stevi Thomas mengungkapkan bahwa program ini merupakan lanjutan dari program pembagian paket sembako yang telah dilakukan pada bulan Juli 2021 sejumlah 1500 paket.

Komitmen HARITA dalam melawan dan mencegah pandemi kata Stevi tidak hanya dari sisi pendekatan kesehatan semata, tapi berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak ekonomi ditengah penyebaran covid-19.

“Semoga apa yang kami lakukan dapat mengurangi beban masyarakat akibat pandemi ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu berjalannya program HARITA BERBAGI melalui penyaluran sembako ini, yaitu Lembaga Swadaya Masyarakat, Pemerintah Daerah, dan TNI/Polri.

Ia juga mengajak kepada seluruh warga Maluku Utara untuk terus berupaya melawan pandemi ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan ikut serta dalam vaksinasi nasional, serta berdo’a agar Indonesia cepat terbebas dari pandemi covid 19,” tutup Stevi Thomas.

Tentang HARITA Nickel

HARITA Nickel merupakan bagian dari HARITA Group yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. HARITA Nickel memiliki IUP Pertambangan dan juga pabrik peleburan (smelter) serta pemurnian (refinery) nikel yang terintegrasi di Obi. Komitmen HARITA Nickel dalam hilirisasi sumber daya alam ditunjukkan dengan beroperasinya smelter Megah Surya Pertiwi (MSP) sejak 2016 dengan memanfaatkan potensi nikel yang dikelola oleh Trimegah Bangun Persada (TBP) dan Gane Permai Sentosa (GPS) yang semuanya terletak di Pulau Obi.

Melalui Halmahera Persada Lygend (HPAL), Harita Nickel melakukan pengolahan dan pemurnian nikel dengan teknologi hidrometalurgi High Pressure Acid Leach (HPAL). Teknologi HPAL mampu mengolah nikel kadar rendah yang selama ini tidak diolah menjadi produk Mixed Hydroxide Precipitate (MHP). Dengan proses berikutnya dapat diolah menjadi Nikel Sulfat (NiSO4) dan Kobalt Sulfat (CoSO4) yang merupakan bahan baku baterai kendaraan listrik. Teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia.

(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *