oleh

Jelang Ramadhan, Dua Komoditi Merangkak Naik

-Ekonomi-549 views
Sidak dari Kementerian Perdagangan yang didampingi Kadisperindag Kota Ternate, Nuryadin Rachman

TERNATE – Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pasar higienis menjelang bulan suci ramadhan. Dimana, dari pantauan tersebut harga sembilan bahan pokok (Sembako) masih stabil, hanya saja ada kenaikan harga untuk bawang merah dan bawang putih.

Kepala Badan Pengkajian dan Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Insur Khasan mengatakan ada dua komoditi pangan yang mengalami sedikit kenaikan, yakni bawang merah dan bawang putih. Khusus bawang merah, ini karena dipasok dari luar Ternate, tapi diinfokan jalur pengiriman bawang merah dan bawang putih lancar lewat Manado.

Katanya, bawang merah ditingkat pengecer Rp50.000, naik sedikit dari Rp45.000, dan bawang Putih Rp60.000 dari seminggu sebelumnya.

“Jadi bawang putih dan bawang merah itu yang akan kita telusuri, kita akan bahas besok di rapat koordinasi baik pasokannya. Misalnya antisipasi menjelang puasa sampai lebaran, karena jangan sampai nanti ada gejolak dan kenaikan harga yang membuat masyarakat terganggu uang belanjanya, karena pasokan yang aman dan uang belanja yang pas – pasan harusnya tidak bergejolak,” ungkapnya, Selasa (23/4/19).

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Nuryadin Rachman menjelaskan sudah ada langkah-langkah antisipasi, sehingga dua komoditi tersebut bisa mengalami penurunan.

“Ini nanti rapat mau dibicarakan dua komoditi itu,” ujarnya.

(thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *