oleh

Manfaatkan DBH Pajak Rokok, Dinkes Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

-Kesehatan-256 views
Kadinkes Halbar

JAILOLO – Manfaatkan anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) pajak rokok sebesar Rp. 1,5 miliar Dinas Kesehatan (Dinkes) meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Kadinkes Halbar Rosfince Kalengit kepada wartawan Kamis (9/5/19) menyatakan, sesuai peraturan Menteri Kesehatan (Menkes) tahun 2016, telah jelas mengatur tentang pembanfaatan DBH pajak rokok, sehingga ada beberapa sasaran Dinkes untuk melaksanakan kegiatan diantaranya, Promosi Kesehatan, Kesehatan Keluarga Ibu, Anak dan Gizi, Kesehatan Lingkungan, Pengawasan Tembakau Ilegal dan Pelajar Bebas Asap Rokok, Peningkatan imunisasi, pemberantasan penyakit menular kusta, Penanggulangan dan pengendalian penyakit filarisasi dan pelatihan tenaga Konseling HIV/AIDS dan rapat tim KPA Kabupaten.

“Banyak kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan anggaran DBH pajak rokok,”ungkap Rosfince.

Rosfince menjelaskan, anggaran DBH pajak rokok telah diterima sejak tahun 2018, namun proses pencairannya baru dilakukan tahun 2019, sehingga kegiatan yang dilaksanakan menggunakan anggara DBH pajak rokok baru dilakukan tahun ini. Kegiatan yang dilaksanakan tahun ini berdasarkan petunjuk teknis dari Kemenkes, sehingga sejumlah kegiatan yang dilaksanakan telah disusun sesuai Rencana Anggaran Kegiatan (RAK) sebesar Rp. 1,5 miliar.

“Jadi anggaran DBH ini sangat membantu Dinkes untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan dan mendegar berbagai penyakit di Desa-desa,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *