oleh

Marimoi Ngone Futur “Semboyan negeri Jazirah Al Mulk”

-Opini-1.471 views

Bahasa adalah salah satu simbol dan tanda pengenal bagi suatu bangsa. Tanpa bahasa sulit bagi kita untuk saling membedakan. Kita ketahui juga bukan hanya bahasa yang menjadi tolak ukur timbulnya perbedaan, ada juga Agama,Budaya,Adat istiadat, dan lain sebagainya yang dapat dipandang langsung oleh mata. Berbicara tentang suatu bangsa atau negara, Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam suku bahasa, budaya, adat istiadat, dan dinobatkan sebagai negara dengan pulau terbanyak, mulai dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya pulau yang terdapat di Indonesia membuat kita tidak mudah tercerai berai, karena diikat oleh satu semboyan yang begitu kokoh dari zaman sang pemimpin terbaik kita, Ir. Soekarno – Hatta hingga datangnya era modern seperti sekarang. Semboyan itu dikenal dengan sebutan Bhineka Tunggal Ika, yang memiliki arti “ Walaupun berbeda-beda tetapi kita tetap satu “. Semboyan memiliki arti dengan makna tersendiri, semboyan membuktikan betapa suatu bangsa itu terikat satu sama lain dengan kekuatan yang mereka bangun demi menjaga keutuhan Tanah Air Tercinta. Kita juga tau bahwa tak sedikit pulau yang terdapat di berbagai Provinsi di Indonesia ini juga kental dengan semboyan mereka masing-masing, dan pastinya dengan makna yang jauh lebih menarik.

Adat istiadat yang terjaga, kultur serta budaya yang tetap lestari, bahasa dengan logat yang begitu kental menjadi hal istimewa yang selalu terjaga di tanah Jazirah Al Mulk, apalagi kalau bukan Ternate, negeri kecil yang dipimpin oleh seorang Sultan yang berkharisma. Memimpin dengan penuh kebijakan,membentuk persatuan dan kesatuan masyarakat dan menghadirkan rasa saling menjaga, menghargai dan menghormati satu sama lain. Peradaban yang terjadi di Ternate ini sudah banyak diceritakan oleh penulis yang memang mempelajari dan menelusuri secara detail tentang Negeri Kecil dengan tanah penuh Adat Se Atorang ( Adat Kita Semua ) ini.

Ternate juga memiliki pemimpin yang tingkat kesuksesan dalam mengurus Negeri Kecil ini, dinilai langsung oleh masyarakat yang berada dibawah naungan pemerintah dan tanggungan pemimpin tersebut. Tetapi ketika dimana persatuan Negeri kecil ini mengangkat suatu semboyan untuk mewakili kuatnya persatuan yang terjalin dan terjaga, hingga mampu menambah kekhasan dari Negeri ini dan membuat orang terpukau.

Marimoi Ngone Futuru ( Bersatu Kita Kuat ), inilah semboyan istimewa itu, semboyan yang sangat erat dalam ingatan mereka yang hidup di bawah kaki Gunung Gamalama. Semboyan yang akan terus menjadi penjaga kestabilan negeri ini dari guncangan dan pengaruh buruk bangsa luar. Adanya semboyan ini, maka kita akan merasa benar-benar menyatu  dengan  alam Jazirah Al Mulk, menyatu dengan tanah yang dirahmati, diberkahi dan penuh keramat. Dengan lebih meninggikan kepercayaan atas kedamaian yang hadir di Negeri Tercinta ini pada Sang Maha Kuasa, Allah SWT.

Memang tak banyak dikenal, tak banyak diketahui, tapi istimewanya negeri kecil yang berlambangkan burung kepala dua ini,akan begitu terasa ketika siapa pun datang menginjakkan kaki di Kota Tua ini. Sejarah yang tersimpan, menjadi bukti ketika tanah ini menjadi tempat pertumpahan darah para pejuang dan Sultan-sultan terdahulu dalam menjaga jatuhnya tanah Ternate ke tangan para komunis pada zaman dahulu. Jika bukan karena jiwa kepahlawanan para leluhur kita dahulu, maka kita sekarang yang tengah menikmati, dan dimanjakkan oleh alam Negeri Kecil ini bukanlah apa-apa, karena jika tidak kita tidak akan bisa memiliki apa yang menjadi hak kita di tanah kelahiran kita sendiri. Dimana Benteng-benteng yang masih berdiri kokoh, lautan, gunung, danau, bahkan tumbuhannya pun jadi saksi bisu bagaimana tanah ini diperjuangkan hingga titik akhir darah dan nyawa mereka direnggut.

Idealnya Indonesia adalah Negara dengan satu semboyan yang berbunyi Bhineka Tunggal Ika, dan kita bangsa yang berada dibawah naungan semboyan itu masih tetap bisa melihat dan merasakan bukti nyata adanya semboyan tersebut. Jauh lebih bangga lagi ketika kenyataanya Indonesia mempunyai suatu Negeri Tua Bersejarah yaitu Ternate dengan semboyan yang tak kalah istimewa yaitu tadi, “Marimoi Ngone Futuru” suatu simbolis, suatu kalimat yang telah menjadi alasan mengapa Negeri ini tidak mudah terpecah belah. Dan kita masih bisa merasa bangga karena tetap bisa melanjutkan dan tidak menyia-nyiakan perjuangan leluhur kita dahulu, dengan terus menjaga agar tujuan dari semboyan tadi tetaplah awet hingga Ngofa Se Dano ( Anak dan cucu ) kita nanti. Akhir kalimat dari tulisan pendek ini adalah, Indonesia memiliki Bhineka Tunggal Ika, dan Kota Tua Bersejarah ini Memiliki “Marimoi Ngone Futuru”. Bertahannya suatu semboyan menjadi bukti kekuatan dan rasa persatuan pada Negeri Tercinta. Banggalah pada sesuatu yang dimiliki sekecil apapun itu,dan jadikan hal kecil itu lebih besar dan lebih bernilai dari apapun itu.

 

Penulis

Sarjayanti Djafar

Komentar