oleh

Dana BUMDes Desa Paisumbaos Diduga Ludes Disikat Pengurus

-Daerah-2.703 views
kepala Desa Paisumbaos, Kabupaten Halsel. Thaib Ahmad

HALSEL – Berdalih ingin “Mensejahterakan Masyarakat” dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Paisumbaos, Kecamatan Kepulauan Batang Lomang, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Malah belum genap satu tahun, dana BUMDes  didesa tersebut diduga telah ludes disikat habis oleh perangkat Desa dan pengurus BUMDes bahkan kepala Desa juga ikut menikmati Dana Bumdes itu.

Padahal Belum lama ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi baru saja mengumumkan, memasuki Juli 2018 kemarin, jumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Indonesia mencapai 35 ribu dari 74.910 desa di seluruh bumi nusantara. Jumlah itu lima kali lipat dari target Kementerian Desa yang hanya mematok 5000 BUMDes. Apakah itu berarti kekuatan BUMDes sudah siap menjadi kekuatan ekonomi raksasa di Indonesia jika Dana Bumdes dikelola dengan baik.

Namun sayangnya berbeda dengan Desa Paisumbaos, Kecamatan Kepulauan Batang Lomang, yang telah menyalah gunakan anggaran dana Bumdesnya. Dana Bumdes Rp 100 juta yang telah di habiskan itu dilakukan oleh Kepala Desa Paisumbaos, Thaib Ahmad dengan cara membagi bagikan ke aparat desa.

Salah satu warga desa Paisumbaos yang enggan disebut namanya merasa sangat kecewa, dengan tindakan Kades Paisumbaos Thaib Ahmad, karena telah membagi-bagi uang BUMDES sebesar Rp 100 juta ke aparat desa bukan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Kami sangat kecewa dengan tindakan Kades Pasimbaos dengan membagi-bagi uang sebesar Rp 100 juta, ke Pengurus Desa,”ungap warga yang enggan menyebutkan namanya ini. Ketika diwawancarai wartawan baru-baru ini.

Dia mengatakan, uang Bumdes itu, dibagi habis ke samua aparat desa beserta istri mereka dibawa koordinator Fadli Samad atas perintah kepala desa Paisumbaos Thaib Ahmad.

Untuk tu, sebagai warga Desa dia dan masyarakat lainnya berharap, agar pemerintah Halmahera Selatan ataupun aparat penegak Hukum untuk segera memeriksa kepala desa Paisumbaos beserta perangkat Desanya.

“ Kami sangat berharap Pemerintah dan aparat yang punya wewenang agar memeriksa Kades yang menyalahgunakan Dana Bumdes Desa Paisumbaos.

(Fa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *