oleh

Opening HKG PKK-KKBPK Ke-47 Di Halsel Berlangsung Khidmat

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba Saat Menyampaikan Sambuatan Pada Kegiatan HKG PKK-KKBPK Ke-47. [ Foto : IL/Fokus Malut ]

HALSEL – Pembukaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (HKG PKK-KKBPK) ke 47 Provinsi Maluku Utara tahun 2019 berlangsung khidmat.

Kegiatan yang bertemakan “PKK Bekerja, Bekerja Keluarga Indonesia Sehat Sejahtera” dilaksanakan dilapangan GOR Gelora Bahrain Kasuba (GBK) Desa Tuwokona, Kecamatan Bacan Selatan dan dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Rabu, (23/10/2019).

Turut hadir dalam Opening Ceremony diantaranya, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Utara Hj Faoniah H. Djauhar Kasuba, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Halsel Hj Nurlela Muhammad, Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Ketua GOW Lenny Amalia, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Ketua Dharma Wanita Lely Lihayati, Unsur Forkopimda, Kapolres Halsel, Dandim, Ketua dan Anggota DPRD Halsel, Kepala Biro PKKP Muliadi Tutupoho, Kadis BPMD Syamsudin Banyo, Kadis PPPA Musyrifah Alhadar Kadis Kesehatan Idhar Sidi Umar, Ketua Tim Penggerak PKK beserta Para Kontingen dari 10 Kabupaten/Kota, Pimpinan SKPD dan Masyarakat yang turut hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Amatan media Fokus Malut, pembukaan diawali dengan tarian Kolosal dibawah bimbingan ketua PKK Halsel Hj Nurlela Muhammad dengan nama Sanggar Saruma. Tarian ini merupakan gabungan beberapa siswa/siswi dari beberapa sekolah diataranya, SMP negeri 1 Halsel, SMP Negeri 6, SMP Negeri 14, SMP Oikumene Sayoang, SMP Islam Samargalila Labuha dan SMP Alkhairat Labuha .

Gubernur dalam sambutannya, mengatakan kemajuan dan pembangunan di Maluku Utara khususnya di Halsel tidak terlepas dari peran aktif Pengurus PKK dan pentingnya peran seorang ibu.

“ Penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga. karena keluarga merupakan fondasi awal dan modal dasar pembangunan, serta keluarga sebagai lingkungan sosial pertama dalam kehidupan sosial, peran seorang wanita juga sangat penting untuk mendukung kinerja kita serta melibatkan wanita dalam setiap aktivitas kita dalam membangun daerah demi masa depan bangsa, ” ujar Gubernur yang juga sebagai Pembina PKK Provinsi.

Sementara itu ketua Tim penggerak PKK, Hj Faoniah Djauhar menjelaskan acara HGK PKK, jangan hanya sebatas seremonial tetapi juga harus membuktikan bahwa sebagai seorang wanita juga bisa mengambil bagian untuk Maluku Utara lebih baik.

Baca Juga:  9 Korban Tenggelamnya KLM Garuda Masih Dalam Pencarian

“Saya berharap peringatan HKG PKK ini tidak hanya sekedar untuk meramaikan atau memeriahkan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini,” tuturnya.

Selanjutnya Hj Faoniah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim penggerak PKK Kabupaten/Kota dan para kadernya yang telah bersusah payah bekerja, “Demi meningkatkan kualitas bangsa melalui upaya-upaya dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga, ” tambahnya

Masih kata Hj Faoniah, mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh tim penggerak PKK atas kinerja yang baik terutaman kepada Bupati Halsel selaku Ketua Pembina PKK halsel dan Hj Nurlela Muhammad sebagai Ketua TP PKK Halsel yang telah menjadi tuan rumah dan telah mempersiapkan semuanya hingga suksesnya kegiatan ini,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengatakan untuk mensukseskan kegiatan HKG PKK-KKBPK, para peserta 9 Kabupaten/Kota di Maluku Utara melalui Pemerintah Kabupaten Halsel telah menyiapkan seluruh infrastruktur maupun persiapan selama Acara HKG ini berlangsung.

“Seperti yang telah disaksikan oleh Bapak/Ibu, peserta lomba, Pemda telah membangun Miniatur Jakarta diantaranya Monas, Istana Negara, Gedung DPR/MPR, Tugu Proklamasi, Tugu Proklamasi, Bundaharan HI, Masjid Istiklal, Gereja Katedral, Tembok Cina, Menara Eifel, Piramida Mesir dan Patong Spinks,” sebutnya.

Selain itu, Bahrain Kasuba juga mengatakan untuk menambah keindahan diseputaran GBK tuan rumah (Halsel-red) juga menanam berbagai bunga. Hal ini semata-mata memberi kesan kepada seluruh insan PKK di provinsi Maluku Utara,” tuturnya.

Selesai Pembukaan, Gubernur KH Abdul Gani Kasuba dan rombongan mengunjungi stand para peserta lomba dari 10 Kabupaten/Kota.

Untuk peserta sendiri sebanyak 465 peserta terdiri dari Kontingen PKK Provinsi Maluku Utara 50 orang, Kabupaten Halmahera Selatan 50 orang, Halmahera Barat 40 orang , Halmahera Timur 50 orang, Halmahera Utara, Halmahera Tengah 40 orang, Kota Ternate 50 orang, Kota Tidore Kepulauan 40 orang, Pulau Morotai 40 orang, Pulau Taliabu 50 orang dan Kabupaten Kepulauan Sula 50 orang.

Disela-sela pembukaan HKG PKK, ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Utara Hj Faoniah Djauhar meresmikan Kantor PKK Kabupaten Halsel yang di tandai dengan pemotongan pita di depan kantor PKK yang baru. [ IL Fcs ]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *