oleh

Pemdes Galala Salurkan BLT Ke Masyarakat

-Daerah-1.871 views
Kades Galala, Muhammad Nur Rum Saat Menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kepada Salah Satu Warga. [ Foto : IL/Fokus Malut ]

HALSEL – Masyarakat yang terdampak wabah virus Corona atau COVID-19 di Desa Galala Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan mulai mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Penyerahan BLT ini diserahkan secara langsung oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Galala kepada 127 Kepala keluarga dengan total Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah) per/KK, bertempat dihalaman Kantor Desa, Sabtu (2/5/2020).

Turut hadir dalam pembagian bantuan tersebut diantaranya, Kepala Desa Muhammad Nur Rum bersama seluruh staf pemerintah desa, Ketua BPD Yani Sakola, Danpos Bripka Mursid Ibrahim dan penerima bantuan.

Kepada media ini, Muhammad Nur Rum menuturkan, sesuai dengan Permendes nomor 6 tahun 2020 sebagai perubahan Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas dana desa tahun 2020.

“Untuk itu dalam APBDes kita rubah peruntukan anggaran adalah BLT dan pencegahan atau penanganan covid-19,” sebut Nur saat diwawancarai wartawan Focus Malut.com, Sabtu (2/5/2020).

Ia mengatakan, lanjut Muhammad Nur, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga desa yang terdampak pandemi COVID-19, bersumber dari dana desa dan diprioritaskan untuk warga yang belum mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) maupun bantuan pangan non tunai lainnya.

“Anggaran DD Desa Galala pertahun Rp. 889.392.000, 00, diambil 30 persen untuk dana BLT dan penanganan Covid 19. Jadi total anggaran secara keseluruhan untuk BLT dan penangan covid 19 sebesar 226 juta,” jelasnya.

Masih kata Muhammad Nur, pembagian BLT ini bakal berlangsung secara bertahap, “tahap pertama sudah dilaksanakan hari ini dan alhamdulillah seluruh masyarakat meresponnya dengan baik. Tahap kedua dibagikan tanggal 18 Mei 2020 dan tahap ketiga mendekati lebaran idul Fitri,” tandasnya. [ IL FCM ]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *