oleh

Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor di Loloda Dapat Bantuan

-Daerah-1.142 views

BPBD Lakukan Pendataan Rumah Yang Rusak Untuk Diusulkan ke BNPB

JAILOLO – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Maluku Utara (Malut), Danrem Babula dan Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmhera Barat (Halbar), menyalurkan bantuan kepada warga korban bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kecamatan Loloda.

Penyaluran bantuan yang melaksanakan, Kamis (7/2/19) itu, berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan pakaian layak huni bagi orang dewasa dan anak anak.

Wakil Ketua Baznas Provinsi Malut, Drs Hi. Basir Ishak yang ditemui menyatakan, bantuan yang diserahkan di empat Desa yakni, Desa Tolofuo 9 kepala keluarga (KK), Desa Kahatola 2 (KK), Desa Soasio 5 (KK) dan Desa Kedi 3 (KK) yang menerima bantuan itu, tidak seberapa namun warga diminta agar ikhlas menerima bantuan tersebut.

“Saya berharap agar bantuan tersebut jangan dilihat dari nilainya, tapi digunakan dan dimanfaatkan dengan baik, untuk kebutuhan sehari hari,”ungkapnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halbar Imran Lolori menyatakan, pihaknya bersama Baznas turun langsung ke lapangan untuk mengecek rumah-rumah warga yang terkena banjir, sehingga pihaknya akan berupaya memberikan bantuan sesuai kerusakan rumah warga.

“Nanti tim kami hitung kerusakan rumah akibat bencana banjir, setelah itu, pekan depan tim akan kembali turun memberikan bantuan,”kata Imran.

Sesuai data di lapangan kata Imran, Desa Tolofuo 10 rumah yang rusak, Desa Kahatola tetap 2 runah, Desa Soasio 8 rumah dan Desa Kedi 3 rumah. Selain itu, ada kurang lebih 200 rumah warga yang tergenang banjir di Kecamatan Ibu Tengah dan 21 rumah warga di Kecamatan Loloda yang terkena lonsor, tapi data itu baru bersifat sementara.

“Besok kami dan tim Bansos Provinsi Malut lansung ke lokasi kejadian untuk melihat lansung, kalau ada rumah warga yang memang rusaknya sangat parah kami akan data dan melaporkan ke pak Bupati untuk ditindak lanjuti,”katanya.

Imran menambahkan, pihaknya bakal mengusulkan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, untuk membantu anggaran perbaikan rumah korban yang terkena bencana.

“Namun setelah kita usulkan bantuan ke BNPB, kami harus lakukan pendataan terlebih dulu,”jelasnya.

Terpisah salah satu warga Desa Tolofuo, Tamrin Momole berharap, Pemkab bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musiba.

“Saya barharap Pemerintah bisa secepatnya membantu kami yang menjadi korban bencana, karena kami sangat membutuhkan bantuan untuk memperbaiki rumah kami,”pungkasnya.

Hadir dalam penyerahan bantuan, Camat Loloda Aman Samsudin, Danramil Loloda Kapten Inf, Suprapto, Kapolsek Loloda Ipda M. Yogie. B. S.Tr.K, Kepala BPBD Halbar Imran Lolori, Baznas Provinsi Malut, dan Baznas Halbar.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *