oleh

Pemkab Gelar Upacara Peringatan Hardiknas

Penyerahan piagam penghargaan kepada Siswa dan Guru berprestasi dalam rangka Hardiknas 2019 tingkat Kabupaten Halbar

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Pemkab-Halbar) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, pada Selasa (02/05/19) yang dipusatkan di Lapangan Tongute Ternate Kecamatan Ibu.

Upacara yang berlangsung hikmat ini diikuti oleh jajaran Dinas pendidikan Halbar, PGRI, pelajar SD, SMP dan SMK se kecamatan Ibu. Bertindak Selaku inspektur Upacara, Asisten 1 Pemkab Halbar Drs. Vence Muluwere.

Mewakili Bupati Halbar, Vence Muluwere menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy. Dalam sambutan tertulis Mendikbud RI, Ass 1 Vence Muluwere mengatakan, dengan tema Hardiknas 2 Mei 2019 “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan” ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya manusia indonesia yang berkemajuan.

Dalam perapektif kemendikbud, pembangunan sumberdaya menusia menekankan pada dua penguatan,yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk manusia berahlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula penanaman jiwa kewirausahaan.

“ Tentu semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah,” kata Vence Muluwere saat menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Sementara hadir dalam upacara tersebut unsur pimpinan OPD lingkup pemkab Halbar, Muspika Kecamatan Ibu serta Jajaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Halmahera Barat serta undangan lainnya.

Kegiatan upacara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Siswa dan guru berprestasi serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba-lomba dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 tingkat Kabupaten Halmahera Barat.

(HB)

Komentar