oleh

Disdik Halteng Mulai Terapkan K13 Kesemua Sekolah

-Pendidikan-1.752 views
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Muksin H. Ibrahim | Foto: Wan

WEDA, Fokus Malut.com |  Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga Halteng mulai menerapkan kurikulum 2013 (K13).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Muksin H. Ibrahim mengatakan, ditahun 2019 ini beberapa sekolah yang ada di Halteng belum menerapkan kurikulum 2013 secara menyeluruh. Sehingga ia berharap agar sistem tersebut segera diterapkan.

“Di Halteng ini baru sebahagian sekolah di tingkat SMP dan SD yang menerapkan kurikulum 2013. Jadi kita target di 2019 ini semua sekolah sudah terapkan K13,” jelasnya, Jum’at (11/1/2019).

“Ini wajib diterapkan. Saat ini baru 20% sekolah yang menyesuaikan kurikulumnya dengan K13. Jadi kami akan segera mengidentifikasikan sekolah mana yang belum melakukan K13, agar kami melakukan Bimtek atau sosialisasi,” sambungnya.

Sementara untuk tingkat SMP tercatat sebanyak 4 sekolah. SD tercatat sebanyak sebanyak 9 sekolah. Untuk mendapatkan K13 sekolah-sekolah ini harus memenuhi beberapa syarat.

“Ada delapan tuntutan standar nasional yang harus dipenuhi. Pertama, proses pembiayaan, tindakan guru harus tersedia dengan baik, termasuk sarana dan prasarana kami. Ditambah dengan kami punya standar isi kurikulum,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, kurikulum 2013 diluncurkan secara resmi pada tanggal 15 Juli 2013. Sehingga sesuatu yang baru tentu mempunyai perbedaan dengan yang lama, begitu pula kurikulum 2013 mempunyai perbedaan dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). (WAN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *