oleh

Polres Halbar Terjunkan 178 Personil Untuk Pengamanan Pemilu

-TNI-POLRI-559 views

JAILOLO – Polisi Resor (Polres) Halmahera Barat (Halbar) menerjunkan 178 personil untuk mengamankan Pemilihan Persiden dan Wakil Persiden (Pilpres) serta Pemilihan DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Rabu (17/4/19) besok.

Dari 178 personi, 148 personil merupakan anggota Polres Halbar, sementara 30 personil merupakan anggota BKO dari Polda Maluku Utara (Malut).

” Jumlah personil semua ada 178 personil, itu gabungan dari Polres Halbar dan Polda Malut,”Ungkap Kabag OPS, AKP Karim A. Bombay saat di temui sejumla media di ruang kerjanya, Senin (15/04/19) sore tadi.

Ia menambahkan, 178 personil disiapkan untuk pengamanan PAM di setiap TPS yang ada di seluruh Kabupaten Halbar.

” Ada penempatan personil dari 3 TPS yang di tempati 1 personil dan ada juga 1 TPS di tempati 1 personil, jadi ini tergantung wilayah yang jangkawannya agak sulit, seperti di Kecamatan Loloda itu ada beberapa TPS yang di tempati per TPS 1 personil,”katanya.

Karim mengaku, selain 178 personil pengamanan dari Polres, ada juga bantuan 33 personil BKO dari Brimob Polda Malut yang stan bay di Markas Polisi Resort (Mapolres) Halbar.

“Jadi untuk 33 personil dari Brimob ini standbey di Polres, ketika ada masalah yang muncul di satu desa, maka anggota Brimob diarahkan untuk melakukan pengamanan,”jelasnya.

Untuk potensi kerawanan, kata Karim, hingga saat ini belum terdeteksi diwilayah mana yang menjadi titik rawan, namun kesiapan terus dilakukan, karena kerawanan atau potensi konflik biasanya terjadi setelah penghitungan suara.

”sebanyak 178 personil sudah diterjunkan ke masing-masing TPS sejak Minggu (14/4/19) lalu dan waktu bertugas selama 8 hari hingga 22 April mendatang, jika hingga masa tugas berkahir tidak ada konflik, maka anggota langsung di tarik,”pungkasnya.

(HB)

Komentar