oleh

Weda Tengah Krisis Air Bersih, Elang-Rahim Di Nilai Gagal

-Daerah-819 views

Warga Harus Jalan Kaki Satu Kilo Untuk Dapatkan Air Bersih

Krisis air bersih,warga desa kobe gunung sedang antri mengambil air bersih dengan gelon

WEDA – Bupati Halmahera Tengah (Halteng) Edi Langkara dan Wakil Bupati (Wabup) Abdurahim Odeyani dinilai gagal memenuhi kebutuhan masyarakat di Desa Kobe Gunung Kecamatan Weda Tengah.

Kepimpinan Bupati Edi dan Wabup Abdurahim dinilai gagal, karena keduanya memimpin Halteng sudah hampir dua tahun, namun warga Desa Kobe Gunung yang berjumlah kurang lebih 200 Kepala Keluarga (KK), sejak Halteng dimekarkan sebagai Kabupaten, hingga saat ini belum bisa menikmati air bersih.

“Selama ini kami sudah menderita, karena tidak mendapatkan air bersih, jadi kami menilai Bupati dan Wakil gagal memimpin halteng, karena tidak penuhi janji mereka saat kampanye,”ungkap Mius Subhan kepada wartawan, Senin (15/4/19).

Sementara Dorteis Togo mengaku, untuk mendapatkan air bersih, warga harus rela berjalan kaki sejauh satu kilo meter, karena sumber mata air yang bisa dikonsumsi hanya berada di dusun dua.

Selain jauhnya jarak yang harus ditempuh, warga juga harus rela antri berjam jam, bahkan ada warga yang antri hingga malam hari, karena sumber mata air hanya ada satu titik.

“Hanya ada sumur di dusun dua, sehingga warga harus antri hingga malam hari,”akunya.

Dorteis berharap, Pemkab Halteng agar bisa memperhatikan kondisi warga di Desa Kobe Gunung, karena air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting, karena selain digunakan untuk konsumsi, juga bisa digunakan untuk membuang hajat.

“Tiap hari kita harus menambah air di Sumur yang letaknya di Dusun dua menggunakan galon, setelah itu ditampung di bak air yang tersedia di rumah masing masing, jadi kami berharap ada perhatian serius dari Pemkab Halteng,”harapnya.

(ilx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *