Rumah Sakit Pratama Kecamatan Pulau Makian Mulai Dibangun 

Kadis Kesehatan Halsel, Asia Hasyim (foto, Ebamz)

HALSEL – Direncanakan sebelumnya, tahun 2023 Rumah Sakit (RS) Pratama Halsel dibangun Kementerian Kesehatan, di kecamatan pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara.

“Sudah mulai dibangun RS Pratama sesuai perencanaan,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Halsel, Asia Hasjim kepada wartawan baru baru ini.

Mantan Direktur RSUD Labuha ini mengungapkan usulan untuk RS Pratama Halsel sejak 2022 sudah masuk dikementerian Kesehatan, pada bulan Desembar 2022 waktu itu pagu anggaranya sudah ditetapkan dan bulan Januari 2023 kamarin sudah mulai dibangun katingannya.

Asia mengatakan, pembangunan RS Pratama ini merupakan usulan dari pemerintah daerah dan akan terus dipantau Kementerian Kesehatan.

“Maluku Utara hanya ada dua Kabupaten yang dapat, di Halsel dan kabupaten pulau Morotai,” ungkap Asia Hasjim

Disentil berapa besaran anggaran untuk pembangunan RS Pratama dipulau Makian, Asia menyebutkan untuk pembangunan awal senilai Rp 45 miliyar.

Menurut Asia, RS Pratama masuk dalam gugus pulau Makian-Kayoa saat ini tenaga kesehatan untuk mendukung RS Pratama, bisa jadi ada penambahan tenaga kesehatan dari Pemda. Ditanya mengenai jumlah tenaga yang dibutuhkan, jelasnya sesuai standar, dokter umum pada setiap RS Pratama paling kurang tiga orang, ditambah perawat, bidan, apoteker dan sebagainya.

Dirinya berharap, tenaga kesehatan yang akan dipekerjakan pada RS Pratama dari anak daerah. Untuk itu, pihaknya harus merencanakan rekrutmen tenaga dokter, bidan maupun perawat sehingga tidak lagi didatangkan dari daerah lain.

Baca Juga:  Pemadaman Bergilir di Taliabu Resmi Berakhir

Terpisah, Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Hi. Usman Sidik kepada wartawan mengatakan Rumah sakit yang dibangun di kecamatan Pulau Makian adalah tipe D. Targetnya, pada 2024 nanti sudah bisa beroperasi.

kata Bupati, Pembangunan RS Pratama ini bertujuan memudahkan masyarakat, khususnya di Pulau Makian, untuk memperoleh layanan kesehatan di rumah sakit. Mengingat jarak tempuh dari Pulau Makian ke ibu kota Halmahera Selatan di Bacan cukup jauh, atau sehari penuh menggunakan angkutan laut.

“Masyarakat Pulau Makian, Kayoa Daratan Gane yang hendak berobat lebih cenderung berobat ke Kota Ternate atau memilih berobat keluar daerah. InsyaAllah dengan adanya RSP ini bisa lebih mempermudah dan membantu masyarakat,” Jelas Bupati Halsel ini. (bz)

Editor : Ebamz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *