oleh

Simpatisan M. Fajirin Desak Bawaslu Diskualifikasi Nurain Talib

-Politik-1.389 views
Suasana Jalannya Sidang Dugaan Pelanggaran Administrasi Pemilu Oleh Bawaslu Kota Ternate Dengan Pelapor dan Terlapor, Senin (20/5/19) [Foto IL Fcs)

TERNATE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate didesak segera mendiskualifikasi Nurain Talib dari daftar Calon Anggota Legislatif (Caleg) 2019.

Desakan itu disampaikan massa simpatisan M. Fajirin saat menggelar aksi di depan kantor Bawaslu, Senin (20/5/19).

Aksi digelar itu, menyusul Bawaslu menggelar sidang sengketa ke tiga kalinya atas dugaan pelanggaran administrasi pemilu tahun 2019, dimana ada dugaan pergeseran angka oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ternate Selatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ternate Selatan, terhadap perolehan suara Caleg PDI P nomor 11 M. Fajirin Sangaji. Sidang yang digelar sekitar pukul 14.00 WIT itu, diwarnai aksi unjuk rasa dari massa simpatisan M. Fajirin Sangaji.

Masa aksi meminta kepada Bawaslu agar menindak oknum Panwascam dan PPK Ternate Selatan yang terindikasi melakukan pergeseran suara di internal partai PDI-P daerah pemilihan tiga (Dapil 3) Ternate Selatan-Moti. Masa demontrasi juga menuntut agar Bawaslu mengeluarkan rekomendasi untuk mendiskualifikasi salah satu pasangan calon (Paslon) atas nama Nurain Talib.

“Kami meminta agar bawaslu mengeluarkan rekomendasi diskualifikasi oleh Paslon nomor urut 6, yakni Nurain Talib” teriak Suryadi Koordinator aksi.

Aksi yang digelar kurang lebih satu jam, pihak keamanan langsung meminta massa aksi untuk membubarkan diri, karena sidang sengketa sementara berlangsung di Kantor Bawaslu Kota Ternate.

Sidang yang dipimpin majelis hakim, Kifli Sahlan dan didampingi Sulfi Majid serta Rusli Saraha, dihadiri oleh Ketua PPK Ternate selatan Mu’minah Daeng Barang (terlapor), Kuasa Hukum Panwascam Wandi Buamona, Halik Fadel dan Kuasa Hukum Pelapor Sahidin Malan.

Ketua PPK Mu’minah Daeng Barang ketika diminta untuk membacakan jawaban atas lapiran M. Fajrin menyampaikan, pada saat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan sejak, Minggu (21/4/19) dan berakhir, Selasa (7/5/19), M. Fajrin Sangaji (Pelapor) dan peserta pemilu calon anggota DPRD kabupaten/kota, hadir sebagai saksi dari PDI-P ditingkat kecamatan. Dalam rapat pleno rekapitulasi perolehan suara ditingkat kecamatan yang dilakukan PPK Ternate selatan, jika salinan form C-sertifikat yang dibacakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak sesuai dengan pegangan saksi dan Panwascam serta berkeberatan dengan hasil tersebut maka PPK meminta rekomendasi Panwascam untuk turun satu tingkat dibawahnya dengan membuka kotak untuk pencocokan angka di form C1-Plano dan dilakukan pembetulan dalam form DAA-1 Plano.

Jika salinan form C1-sertifikat yang dibacakan oleh PPS sudah sesuai pegangan saksi dan panwascam serta tidak ada keberatan, maka PPK akan menyalin dalam form DAA-plano dan form DAA-1 DPRD kabupaten/kota sesuai yang termuat dalam C1-sertifikat.

“Jadi dugaan pergeseran angka diinternal partai PDI-P antara caleg nomor 2 Yakub Malaka, nomor 6 Nurain Talib dan Nomor 11, M. Fajrin Sangaji adalah tidak benar,”banyaknya.

Pleno rekapitulasi perolehan suara, lanjut Mu’mina, untuk Kelurahan Bastiong Karance dan Kelurahan Tabona tidak terjadi pergeseran angka serta tidak ada keberatan dari saksi partai politik.

“Saya menolak seluruh isi dalil yang dilaporkan oleh M. Fajirin,”tegasnya.

PPK Ternate Selatan juga meminta kepada majelis hakim agar menolak seluruh dalil-dalil pelapor atau setidaknya menyatakan tidak diterima dan tidak terbukti melanggar tata cara atau prosedur dalam mekanisme tahapan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah mendengarkan seluruh jawaban terlapor, Sulfi Majid, SH selaku kordinator divisi hukum meminta M. Fajirin agar menyampaikan bukti-bukti dugaan pelanggaran administrasi pemilu ke Bawaslu dan meminta kepada M. Fajirin dan PPK untuk memasukan nama-nama saksi.

“Sidang dilanjutkan Selasa (21/5/19) pukul 14.00 wit, dengan agenda pemeriksaan saksi,”pungkasnya sambil menutup sidang.

(iL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *