oleh

Sirekap KPU 97.86%: Penantang Aliong-Ramli Makin Lemah

-Politik-2.082 views
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu 2020 | Foto: FM

TALIABU – Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati nomor Urut 2, Aliong Mus-Ramli unggul sementara atas paslon lain di pemilihan bupati (Pilbup) Pulau Taliabu. Perhitungan KPU ini masih berjalan.

Dilihat dari Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) KPU, per Senin (14/12/2020) pukul 12.24 WIB, telah masuk foto formulir model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS 137 dari 140 TPS di Pulau Taliabu atau sebanyak 97,86%.

Data diambil dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu yakni Taliabu Barat, Taliabu Barat Laut, Taliabu Timur, Taliabu Timur Selatan, Taliabu Selatan, Taliabu Utara, Ledek dan Tabona.

Jumlah data di 8 kecamatan ini baru 5 kecamatan yang telah mencapai 100% yakni Kecamatan Taliabu Barat Laut, Lede, Taliabu Timur, Taliabu Timur Selatan dan Tabona. Sementara 3 kecamatan lainnya bervariasi dari 94,44% di Taliabu Selatan,  96,77% di Taliabu Utara dan 97,06% di Taliabu Barat.

Berikut sirekap Pilbup Taliabu dengan suara masuk (97,86%);
1. Muhaimin Syarif-Syafruddin Mohalisim emperoleh suara sebanyak 15.469 suara atau 47,8%

2. Aliong Mus-Ramli memperoleh suara sebanyak 16.866 suara atau 52,2%

Soal Sirekap KPU

KPU menyatakan data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Baca Juga:  Gelar Syukuran HUT Ke 13, Gerindra Malut Terget Menang di Tahun 2024

KPU mengatakan apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

“Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka,” demikian tulis KPU. (MG.0182).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *