oleh

Soal Perekrutan PTPS, Bawaslu Morotai Gelar Rakor Bersama Panwascam

Rakor Bawaslu Kabupaten Morotai Bersama Panwascam

MOROTAI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pulau Morotai, Kamis (7/2) bertempat di aula kantor desa Darame menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Panwaslu Kecamatan untuk pengawasan tahapan pemilu dan pembentukan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) pada pemilihan umum DPR, DPD, DPRD, dan Pilpres tahun 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai, Lukman Wangko, saat membuka acara lansung mempersilahkan kepada setiap Panwascam untuk menyampaikan persoalan pembentukan PTPS di setiap desa serta apa-apa kendalanya.

Ketua Panwascam Morotai Timur (Mortim), M Ardi Sumtaki, mengungkapkan berdasarkan hasil temuan pihaknya di beberapa desa yang dianggap rawan di setiap TPS, telah di disikusikan ke pihak Bawaslu Kabupaten.

Begitu juga yang disampaikan salah satu Komisioner Panwascam (Morotai Selatan (Morsel), Mulkan Hi Sudin,  bahwa tekait perekrutan PTPS yang dikecamatan Morsel tidak ada masalah, karena semua persyaratan seperti ijaza semua terpenuhi.

Mendengar keluhan dari Panwascam itu, Ketua Bawaslu Morotai Lukman Wangko, menyampaikan, jika satu desa hanya satu TPS maka harus dilakukan perekrutan PTPS, begitu juga dengan Desa-desa yang dianggap rawanan perlu diawasi terus.

“ Untuk tahapan perekrutan PTPS, jika waktu yang sudah ditetapkan kemudian tidak ada yang mendaftar, maka kalian bisa lakukan perekrutan di desa tetangga untuk menjadi PTPS di desa tersebut, namun harus melalui passing grade juga umur mereka minimal 25 tahun,”terangnya.

Baca Juga:  Prabowo Pilih Pensiun dan Kembali Berkuda, Jika Gagal di Pilpres 2019

Sementara, Kordiv Bawaslu Morotai Murjat Hi Untung,  menungkapkan, setiap temuan yang didapatkan dilapangan langsung dilaporkan, laporanya bisa langsung mengunakan sistem Online.

“ Semua sudah mengunakan sistem online, ini agar proses pengawasan Pemilu itu bejalan tertib dan sesuai harapan, kalian juga harus masukan laporan ke Bawaslu Kabupaten, karena hampir setiap hari kami di minta laporan oleh Bawaslu RI,”ungkapnya.

Diketahui, total jumlah TPS Pileg dan Pemilu 2019 khususnya di Pulau Morotai sebanyak 212 TPS, dengan rincian perkecamatan, yakni Kecamatan Morsel 73 TPS, Kecamatan Mortim 32 TPS, Kecamatan Morut 36 TPS, Kecamatan Morja 29 TPS, dan Kecamatan Morselbar 42 TPS.

(Ical)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *