oleh

Terobosan Baru Pariwisata Halbar, Pasar Teluk, Kreasi Destinasi Digital Ala GenPI

-Daerah-220 views
Salah satu spot destinasi digital yang dibangun di lokasi FTJ

JAILOLO – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) membuat terobosan baru dalam mempromosikan pariwisata Halbar.

Kreasi Destinasi Digital Pasar Teluk, merupakan program yang mengandalkan jejaring media sosial di dunia maya (internet) dalam memperkenalkan destinasi digital pasar teluk Halmahera Barat.

Ketua GenPi Halbar, Rahmat, mengatakan, GenPI Halbar saat ini  sedang menyiapkan spot destinasi digital di Halbar yang bertajuk Pasar Teluk.

Alasan Pasar Teluk dipakai sebagai nama dari destinasi digital ini, karena GenPI menilai, lokasi dari event ini masih berada di area Teluk Jailolo, ikon pariwisata Halbar yang sudah mendunia.

” Even Pasar Teluk ini rencananya dibuka pada tanggal 25 November 2018,” ungkap Rahmat, melalui rilis yang disampaikan Dinas Komunikasi, Kehumasan dan Persandian (Diskominfo) Halbar, Sabtu (17/11).

Kreasi destinasi digital ala GenPI Halbar ini ditargetkan menyasar generasi milenial (kids zaman now) yang diketahui doyan selfi dan wifie ketika mengunjungi suatu tempat baru.

Untuk menarik market generasi milenial, sebagai salah satu interested place di Jailolo, GenPI Halbar membangun beberapa selling booth yang menyediakan aneka jajanan kuliner khas dan Photo Booth yang disajikan dengan desain kekinian yang menjadi tren saat ini.

” Kebiasaan selfie ataupun wefie anak-anak zaman now saat berkunjung di suatu destinasi  menjadi kekuatan baru yang ngetop karena akan menggerakkan 3F (Friends, Followers dan Fans) mereka,”beber Rahmat.

Event Pasar Teluk yang bakal dihelat 25 november mendatang digadang-gadang GenPI dan Dispar Halbar akan menjadi pusat kreativitas generasi muda Halmahera Barat.

” Setiap malam, saat event ini berlangsung, pengunjung bakal  disuguhi showcase dari anak-anak kreatif komunitas untuk menghibur sobat wisata yang berkunjung di area Destinasi Digital Pasar Teluk,”katanya.

Bupati Halbar Danny Missy menyambut baik ide dan kreatifitas anak muda Halbar yang tergabung dalam GenPI.

Menurut Bupati, event destinasi digital pasar teluk yang digagas GenPI dan Dispar Halbar merupakan jawaban atas tantangan dari Menteri  Pariwisata RI, Arief Yahya beberapa waktu lalu, saat melounching Pasar Digital Pantai Pasir Putih, Kabupaten Belu, NTT. Milik GenPI Atambua.

” Saya berharap destinasi digital ini mampuh mengangkat Creative Values sekaligus Commercial Values dan Economy Values,”harapnya.

Apresiasi juga datang dari Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Halbar Fenny Kiat, S.STP, M.Si. Menurut Fenny, semangat dan kebersamaan GenPI Halbar secara tidak langsung turut serta membangun Pariwisata berkelanjutan di Halmahera Barat.

Diharapkan GenPI terus eksis untuk mempromosikan program pariwisata sehingga Halmahera Barat terus dikenal dan dikunjungi wisatawan.

“Properti dari konsep pasar teluk ini  mengunakan bambu sebagai bahan dasar, ini juga menunjukkan  penegasan akan penguatan kearifan lokal,”terang Fenny.

Seluruh stakeholder pariwisata Indonesia kata mantan Kabag Umum Setda Halbar ini telah mendapat wejangan dari Menteri Arief Yahya, di sela-sela kegiatan China International Travel Mart (CITM) 2018 di Shanghai, Tiongkok.

“Pak Menpar Arief Yahya berpesan bahwa untuk mencapai hasil yang luar biasa kita harus selalu menghasilkan ide-ide yang tidak biasa. Inovasi adalah suatu keharusan untuk bisa mengejar ketertinggalan dari pesaing-pesaing kita,”imbuhnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *