oleh

Tidak Transparan, Kades Kramat di Demo Warga

-Daerah-844 views

TALIABU – Tidak puas dengan kinerja kepala desa (Kades) Ardin Ramli, puluhan masyarakat mendatangi dan menggelar aksi demo di halaman Kantor Desa Kramat Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu, Kamis (15/8/2019).

Koordinator lapangan (Korlap) La Dayang, dalam orasinya mengatakan bahwa pemerintah desa Kramat tidak ada transparansi dalam pengelolaan anggaran APBDes. Massa aksi menuntut pihak Kecamatan agar segera melakukan penindakan, terhadap oknum Kades tersebut.

“Kinerja Kades Kramat telah menyalahi aturan, untuk itu segera ditindaklanjuti” ucap korlap La Dayang dalam orasi singkatnya.

La Dayang juga mengatakan, massa aksi kali ini  ada  beberapa pemerintah desa Kramat juga ikut turun menyuarakan aspirasinya.

“Ini bukan bentuk tendensi politik, namun panggilan jiwa, sehingga Ketua BPD Hasmiati, Kaur Keuangan Ridno Nuraji, Basiru, La Karno Justine ikut dalam aksi,” ungkap korlap.

Masih kata La Dayang, bahwa kepala desa Kramat dalam pengelolaan anggaran dana desa tidak ada transparansi selama 3 Tahun, masyarakat tidak mendapat akses informasi, bahkan BPD sendiri seharusnya tahu, karena fungsi pengawasan dari kinerja  Pemerintah Desa.

“Kades melakukan mark-up anggaran baik dari anggaran beli batu pasir, bantuan warga lanjut usia (Lansia) dan upah buruh bahan Pabrikasi (Semen) di Desa Kramat,” katanya.

Disela sela aksi unjuk rasa, Kepala BPD desa Kramat Hasmiati, menjelaskan bahwa dirinya telah bekerja mulai dari Tahun 2017 sampai 2019 ini belum pernah melihat bukti APBDes.

Baca Juga:  Kuker Ke Halsel, Tjatur Sapto Edy Pantau Infrastruktur, Tempat Wisata dan Kebun Kelapa

“Kalau permasalahan penandatanganan saya selalu di panggil untuk menandatangani, sedangkan RAB diberikan apabila ada pencairan anggaran,” jelasnya. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *