oleh

Tindak Lanjut Kerjasama, PT API Turunkan Tim ke Malut

-Daerah-1.286 views
Kunjungan dinas dan arahan dari Kadis kominfo untuk rencana pelaksanaan survey

SOFIFI –  Tindak lanjut kerjasa sama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Kie Raha Mandiri Persada dengan PT Akses Prima Indonesia (API), belum lama ini telah menurukan tim untuk memetakan area-area pemukiman, area pertambangan, area pelayanan fasilitas umum seperti pelabuhan feri, speedboat dan lainnya yang belum tersedia jaringan telpon dan internet.

Survay oleh tim yang berjumlah 5 orang itu dilaksanakan pada Kamis 14  Februari hingga Selasa 19 Februari 2019, terfokus di Sofifi, Kota Tidore Kepulanan, Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Daerah yang disurvey beberapa titik masih blank spot jaringan selularnya dan ditemukan beberapa titik tower yang terbengkalai

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Persandian Provinsi Maluku Utara, Burhan Mansur ketika ditemui tim survey menjelaskan bahwa Maluku Utara termasuk dalam daerah tertinggi, terdalam, dan terluar (3T) memiliki blank spot hampir di semua kabupaten Kota.

Sehingga layanan palapa ring paket tengah dari pemerintah pusat di Maluku Utara sangat penting dan dapat dimanfaatkan, terutama untuk menyediakan internet murah hingga ke Desa-desa.

“Beroperasinya layanan Palapa Ring tengah ini, tentu untuk kebutuhan pemerataan internet akses diarea Maluku Utara, dan paket kebutuhan internet pun murah untuk masyarat umum,” katanya.

Ini tentunya, kata Kadis, guna perencanaan dan pengembangan smartcity dilaksanakan di Kota Sofifi. Sementara sasaran survey yang dilakukan itu, guna memetakan area-area pemukiman dan pertambangan yang masih belum tersedia jaringan, baik jaringan telepon dan Internet.

Baca Juga:  Bupati Bahrain Apresiasi Warga Desa Gandasuli

“ Samplingnya  di empat Kota, pertama Kota Sofifi mencakup, Publik Area Pelabuhan dan Kantor Instansi pemerintahan Provinsi, kedua kota Tidore di Pelabuhan dan area Publik, ketiga Kabupaten Halmahera Tengah di Kota Weda dan keempat Kabupaten Halmahera Barat,” jelasnya.

(Fifi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *