oleh

Wakil Bupati Resmi  Buka STQ Ke-VIII

-Daerah-911 views

Ajak Masyarakat Tingkatkan Generasi Fagogoru Yang Qurani, Cerdas dan Berahlaqul Karimah

Wakil Bupati Halteng Abd Rahim Odeyani saat menekan tombol pembukaan STQ Halteng ke 8 di dampinggi oleh wakil ketua DPRD Halteng dan ketua panitia Kemenag Halteng

WEDA – Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Tengah (Halteng) Abd Rahim Odeyani secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke VIII tingkat Kabupaten Halteng.

Pembukaan Pelaksanaan STQ ke VIII yang dipusatkan di Pondok Pesantren Salman AL Farezi Kecamatan Weda Selatan pada Rabu (13/3/19) itu, diikuti 65 kafila dari 10 Kecamatan, tema pelaksanaan STQ ke VIII kali ini mengusung tema

“Kita Tingkatkan Generasi Fagogoru Yang Qurani, Cerdas dan Berahlaqul Karimah”.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Yusuf Hasan S.Ag S.Pdi yang juga Ketua Panitia pelaksanaan STQ mengatakan, peserta di Ikuti 65 Peserta Se-Kabupaten Halmahera Tengah. Pelaksanaan STQ ke-VIiI tingkat Kabupaten tahun 2019 diselengarakan selama tiga hari, yakni tanggal 13-16 Maret 2019. Cabang yang dilombakan pada pelaksanaan STQ ke VIII, antara lain cabang Tilawatil Qur’an yang terdiri dari golongan Dewasa Putra/Putri dan TilawatiI Qur’an golongan Anak-Anak Putra/Putri,  Cabang Hifzil Qur’an yang terdiri dari Golongan 1 Juz dan Tilawah Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, Golongan 30 Juz.

“Kafilah dari Kecamatan Weda 9 Peserta, Kecamatan Weda Selatan 8 Peserta, Kecamatan Weda Tengah 6 Peserta, Kecamatan Weda Utara 5 Peserta, Kecamatan Weda 5 Peserta, kecamatan Patani Barat 7 peserta, Kecamatan Patani 8 peserta, Kecamatan Patani Utara 5 Peserta, Kecamatan Patani Timur 4 Peserta dan Kecamatan Pulau Gebe 3 Peserta,”ungkap Yusup kepada wartawan.

Wakil Bupati Halteng Abd Rahim Odeyani menyatakan, bangsa ini adalah bangsa yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Olehnya itu rasa bangga dan bersyukur atas anugerah besarnya kuantitas penganut Islam. Namun, kuantitas saja tanpa dibarengi dengan kualitas yang sepadan, kiranya Visi Islam untuk menjadi Rahmatan Lil’alamin akan sulit tercapai.  Sebaliknya, meskipun jumlahnya sedikit namun berkualitas, maka bangsa kita akan tumbuh menjadi wilayah yang maju dan besar.

“Maka berdasarkan Tema Seleksi Tilawatil Qur’an yakni, “Melalui STQ ke VIII Tingkat kabupaten Halmahera Tengah kita wujudkan generasi Fagogoru yang Qur’ani, Cerdas dan Berakklaqul Karimah “ maka berpijak kepada Al-Qur’an dan Hadits, generasi fagogoru wajib untuk memperbaiki kualitas pribadi secara menyeluruh. Kunci perbaikan kualitas menuju sumber daya insani yang tangguh, tanggap dan berakhlaqul Karimah hanyalah Alqur‘an,”katanya.

Orang nomor dua di lingkup Pemda Halteng itu, mengajak, kepada seluruh masyarakat Halteng agar benar-benar menjaga kerukunan hidup bersama, menghindari potensi konflik yang berbaur Suku, Ras dan Agama. Islam mengajarkan toleran yang baik terhadap perbedaan perbedaan umat Islam, maupun terhadap pemeluk agama yang berbeda-beda.

“Marilah kita perkokoh ikatan persaudaraan dan harmoni di antara sesama, saya yakin dengan menciptakan situasi yang kondusif kita akan mampu membangun Halteng yang lebih baik,”ujarnya.

Hadir dalam pembukaan acara STQ ke VIII,  Wakil Ketua I DPRD Halteng Rusmini Sadaralam, Kemenag Kabupaten Halteng Nasruddin Ali S.Ag M.Ag, Forkopinda, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD lingkup Pemda Halteng, Kapolsek Weda AKP Kader Kie, pimpinan Ponpes Islam Salman Al Faris Drs.H.Ridwan Ilyas dan para camat.

(Ilx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *