Warga Diminta Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Pulau Taliabu

Kadis Kominfo, Kabupaten Pulau Taliabu, Basiludin La Besi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku Utara (Malut) baru saja mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di wilayah Laut Pulau Taliabu, Senin (27/05/2024).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kominfo Pulau Taliabu, Basiludin Labesi yang menyatakan bahwa gelombang dengan tinggi mencapai ≥ 2,0 meter dapat terjadi di wilayah laut Maluku Utara, termasuk Kabupaten Pulau Taliabu.

Oleh karena itu, imbauan ini terutama ditujukan kepada nelayan dan operator kapal yang beroperasi di sekitar Laut Pulau Taliabu untuk lebih berhati-hati dan mempertimbangkan kondisi cuaca sebelum melaut dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga:  Kejari Haltim Gelar Sosialisasi Bimbingan Hukum

Menurut BMKG lanjut Basiludin, pantauan terbaru menunjukkan bahwa bibit siklon tropis 93W telah terdeteksi di perairan utara Filipina. Fenomena ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Maluku Utara.

“BMKG menginformasikan bahwa kondisi cuaca di wilayah Maluku Utara umumnya berawan hingga hujan ringan. Namun, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat terjadi pada siang, sore, atau malam hari,” ungkap Basiludin.

Masyarakat diharapkan waspada terhadap kemungkinan cuaca buruk yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan keselamatan di laut. (***/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *