oleh

Alien Mus Prioritaskan Kesejahteraan Petani Maluku Utara

Ratusan kelompok Petani dari 30 kecamatan saat mengikuti Bimtek Pengambangan tanaman pala di hotel Buana Lipu Bacan Halsel (foto:Ani)

HALSEL –  Setelah memberikan bantuan berupa alat dan mesin (Alsintan) kepada kelompok Tani di Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara pada 21 Oktober 2021 lalu. Komitmen anggota komisi IV DPR-RI Dapil Maluku Utara Ibu Alien Mus di bidang pertanian dan perkebunan terus dilakukan untuk mendorong kesejahteraan petani di Provinsi Maluku Utara. Kali ini melalui aspirasinya bekerja sama dengan Kementerian Pertanahan RI. Alien Mus juga memfasilitasi petani pekebun Pala di kabupaten Halmahera Selatan dengan Bimbingan Teknis (bimtek) Pengembangan Tanaman Pala untuk masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan bertempat di aula Hotel Buana Lipu selama dua hari dari Senin 25 – 26 Oktober 2021.

Anggota DPR RI Komisi IV Alien Mus melalui Tenaga Ahlinya Herry Soesanto disela-sela Bimtek Senin (25/10/21) kemarin, mengatakan kegiatan Bimtek pengembangan Tanaman Pala pertama kali dilaksanakan di Halsel.

“Ini kegiatan aspirasi Ibu Alien Mus yang bekerja sama dengan kementerian Pertanahan RI. Tujuannya Bimtek ini adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan produktifitas petani Pala dan banyak hal lainnya,” kata Herry Soesanto tenaga ahli anggota komisi IV DPR RI Alien Mus ini.

Menurut Herry, kegiatan Bimtek bukan hanya dari Kementerian Perkebunan saja malainkan juga ada Bimtek dari beberapa Dirjen terkait tanaman pangan, bimtek saran pra sarana pertanian dan masih banyak lagi aspirasi aspirasi dari Anggota DPR RI komisi IV Ibu Alien Mus.

Baca Juga:  Hilang Selama Lima Hari, Warga Pulau Gebe Ditemukan di Raja Ampat

Herry bilang, selama ini bentuk asprasi itu lebih banyak pada program dan pemberian alat. Padahal sumber daya petaninya itu yang harus ditingkatkan terlebih dahulu, cara meningkatkan sumber daya petani harus dilakukan kegiatan seperti ini.

“ Jadi Ibu Alien Mus sebagai anggota DPR RI Perwakilan Maluku Utara membuat trobosan baru. Yang biasanya Pemerintah terlebih dulu memberikan bantuan alat barulah Petani mempelajarinya, kali ini dibalik, Petani nya kita berikan pemahaman terlebih dahulu baru diberikan alat dan kebutuhan lainnya,” jelas Herry.

Sekedar diketahui sebelum pelaksanaan Bimtek pengebangan tanaman Pala di Halsel, anggota komisi IV DPR RI ibu Alien Mus melalui aspirasinya juga telah memberikan pelatihan serta penyerahan bantuan berupa alat dan mesin kepada tiga kelompok tani di Halmahera Utara.Adapun Alat dan mesin yang diserahkan yakni 1 unit Traktor Roda 4, 12 Unit Traktor Roda 2,  2 Unit Rice Trans Planter, 2 Unit Kultifator, 20 Unit Pompa Air, 20 Unit Hand Spayer, 5 Unit Kombain Harvester, dan 5 Unit Konseter.

Pada Bimtek pengembangan Tanaman Pala itu menghadirkan narasumber secara komprehensif. Narasumber berasal dari kalangan pemerintah, Mewakili  Dinas Pertanian Provinsi Malut Jailan Soamole, Balai pengakajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku Utara, Dr. Wawan Sulistiono serta pengusaha perkebunan dan praktisi yang sudah berhasil, diikuti ratusan Petani perwakilan kelompok. (pn)

Editor : ebamz

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.