oleh

Sepuluh Ribu Warga Makayoa Akan Hadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus IKB Makayoa Halsel

Rapat teknis pemantapan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus IKB Makayoa pada Selasa 26 Oktober 2021 di rumah Makayao Halsel

HALSEL –  Ikatan Keluarga Besar Makian-Kayoa (IKB Makayoa) Halmahera Selatan  akan menggelar Pengukuhan Ketua Umum  IKB Makayoa Halsel sekaligus pelantikan pengurus. Acara yang rencananya digelar di Desa Sangapati Kecamatan Pulau Makian pada tanggal 27-28 November mendatang ini diprediksi akan dihadiri sepuluh ribu warga Makian Kayoa yang tersebar di Maluku Utara.

Selain pengukuhan dan pelantikan pengurus IKB Makyoa Acara ini juga sekaligus dirangkaikan dengan Rapat Kerja I dan Silaturahmi Akbar warga Makian Kayoa.

Ketua Panitia kegiatan, Muhlas Djafar saat diwawancarai, Selasa  (26/10/21) tadi di rumah Makayoa desa Hidayat mengatakan, nantinya acara akbar tersebut turut dihadiri oleh sesupuh Provinsi.

“Insya Allah acara ini juga disemarakkan dengan kegiatan silahturahmi akbar. Kemudian kegiatan lain yang ditampilkan adalah seni budaya Makayoa seperti togal, Soya-soya dan lainnya,” katanya.

Juru bicara IKB Makayoa ini juga berharap adanya doa dan kerja sama kita semua khususnya keluarga besar Makayoa di Halsel untuk menyukseskan acara Pengukuhan, Pelantikan dan silaturahim akbar ini,” pungkasnya.

Sementara Sekertaris Umum IKB Makayoa Halsel, Mahdi Jasim menambahkan bahwa Paguyuban Makayoa adalah organisasi besar keluarga etnis Makian Kayoa di Maluku Utara yang berdiri sudah sejak lama, sehingga menjadi salah satu organisasi tertua yang masih eksis sampai saat ini. Selama keberadaannya, organisasi ini telah bergerak dalam bidang kemanusian, pendidikan, sosial-budaya, politik, ekonomi, kepemudaan, dan pemberdayaan perempuan.

Baca Juga:  Kantor Bank BNI Ternate Terbakar

Paguyuban ini berupaya untuk melestarikan budaya kekeluargaan dengan melibatkan bukan hanya orang Makayoa tetapi semua yang mempunyai kepedulian terhadap sesama.

Salah satu bidang yang mesti diperhitungkan dalam organisasi ini yakni bidang pendidikan. Untuk mencapai tujuan yang telah digaris-kan yaitu memajukan rakyat Makayoa, Paguyuban Makayoa menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sudah sejak lama.

Pada waktu itu, sekitar puluhan tahun yang lalu, , hasrat untuk sekolah di kalangan masyarakat Makayoa telah berkembang luas dan telah dirasakan.

“Oleh karena itu sudah banyak orang Makian Kayoa yang dari anak usia sekolah yang tidak buta huruf,” kata Kasus sapaan akrap Mahdi Jasim

Adapun tujuannya yakni melahirkan generasi Makayoa yang berbudi pekerti luhur, menjunjung taraf kehidupan bermasyarakat dengan jalan memberi kesempatan luas untuk mendapat pendidikan dan membendung masuknya kebudayaan Barat dan mempertebal rasa ke-Makayoaan dan rasa kebangsaan pada umumnya. (HmsMakayoa)

Editor:Bamz

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.