oleh

Apdesi Bentuk Pengurus Tingkat Kecamatan

-Daerah, Halmahera-1.420 views
Ketua Apdesi Halbar, Rustam Fabanyo

JAILOLO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Halmahera Barat (Halbar) membentuk Apdesi ditingkat kecamatan.

Pembentukan Apdesi ditingkat kecamatan itu, melalui musyawarah yang dilakukan sejak 15 Januari hingga Sabtu (2/2) akhir pekan kemarin. Yang dimulai dari kecamatan Tabaru dan berakhir di kantor camat Jailolo desa Acango. Tema yang diusung dalam musyawarah Apdesi kecamatan adalah, Mengabdi Demi Kemasalahatan Masyarakat, olehnya itu, sikap dan komitmen Apdesi Halbar untuk meraih cita-cita bersama demi tercapainya kemasalahatan masyarakat.

“Pemilihan ketua dan pembentukan pengurus tingkat kecamatan, sebagai bentuk pemantapan dan penguatan kapasitas pengurus Apdesi,” ungkap ketua Apdesi Halbar Rustam Fabanyo kepada focusmalut.com, Minggu (3/2/19).

Ia menambahkan, fungsi dana desa (DD) adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, olehnya itu tugas pemerintah desa (Pemdes) sebenarnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Rustam menegaskan  terbentuknya struktur kepengurusan Apdesi kecamatan, maka ada pengawasan kinerja pemerintah desa oleh pengurus Apdesi kecamatan.

“Jika ada yang sengaja melakukan pengambilan kebijakan desa tidak sesuai dengan mekanisme perundang-undangan maka Apdesi Halbar siap melaporkan ke pihak yang berwajib,” tegasnya.

Rustam juga berharap, pemerintah desa (Pemdes) mampu dan pro aktif mengelola DD, sehingga kebutuhan masyarakat di desa bisa terpenuhi dan desa mampu mandiri secara ekonomi, jika pemdes tidak mampu mengelola DD maka secara tidak langsung telah menabrak semangat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Baca Juga:  Pemdes Wainin Gelar Sepak Bola Antar Pemuda

“Mari kita sama-sama jadikan Apdesi, sebagai wadah perkumpulan kita, sehingga melalui wadah ini kita sama-sama belajar menjadi pemerintah desa yang baik dan benar,” pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *