oleh

Lepas Kontingen Jamda, Bupati Aliong Titipkan Nama Baik Taliabu

TALIABU, MALUT – Bupati Pulau Taliabu, H Aliong Mus yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) melepas kontingen Kwarcab Pramuka Pulau Taliabu untuk mengikuti Jambore Daerah (Jamda) I Provinsi Maluku Utara (Malut) di Sofifi.

Di mana, pelepasan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang digelar di Gedung Sia Dufu Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut), Sabtu (09/10/2021) sore tadi.

Baca Juga:  Pemdes Galala Salurkan BLT Tahap II

 

Turut dihadiri Kepala Dinas Ketua Kwarcab, Dr Salim Ganiru, Wakil Ketua Kwarcab, Ridwan Soamole, Anggota Mabicab, Hj Zahra Yolanda Aliong Mus, Mansuh Mudo yang juga Kepala Dispora Pulau Taliabu serta sejumlah unsur andalan Kwarcab Pulau Taliabu dan staf Khusus Bupati Pulau Taliabu.

Bupati Pulau Taliabu, H Aliong Mus berpesan agar para peserta mematuhi arahan yang diberikan pendamping. Kemudian patuh dan taat protokol kesehatan. “Berangkat dalam kondisi sehat, pulang juga dalam kondisi sehat,” kata Bupati.

Baca Juga:  Soal Setor Rp 30 juta, Akademisi Sebut Sekda Tidak Mendasar

Ia juga menambahkan, berkat bantuan dan dorongan semua pihak telah dapat mempersiapkan peserta Jamda. Walaupun dalam situasi pandemi, namun kegiatan pelatihan tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Kegiatan Jamda ini bukan menjadi tolak ukur kita untuk menang, tetapi partisipasi karena Pulau Taliabu merupakan Kwarcab termuda di Maluku Utara, tetapi ke depan Pramuka Pulau Taliabu harus berperan aktif dalam semua event baik daerah maupun nasional.

Baca Juga:  Janlis Kitong: Dalam Waktu Dekat, DPRD Halut dan PDAM Gelar Diskusi Terkait PAD

”Ke depan Pramuka di Kabupaten Pulau Taliabu harus mulai diperhitungkan, apalagi para andalan yang ada ini merupakan para alumi Gerakan pramuka dari berbagai daerah yang belajar dari sejak Penggalang sampai saat ini,” ucapnya.

Bahkan dirinya ikut mendorong Kwarcab untuk membuat kegiatan berskala Daerah dengan menghadirkan tokoh-tokoh gerakan pramuka ke daerah Hemungsia ini. Namun, dirinya meminta agar gerakan pramuka di Pulau Taliabu harus kembali ke marwah gerakan Pramuka yang dulu. Di mana satu komando tidak semua telah siap.

“Kita harus buat kegiatan berskala Daerah, tetapi pola latihan harus kita ubah, karena saya melihat pola latihan mulai melemah,” katanya sambil menceritakan kisahnya sewaktu di SMA 2 Ternate.

Baca Juga:  Punya Perda KTR, Halbar Dapat Penghargaan Dari Kemenkes

 

Selian itu, dirinya juga akan memerintahkan semua OPD yang mempunyai Saka untuk dikembangkan, agar supaya kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat kita bisa melibatkan pramuka misalnya persoalan Covid-19 ini.

”Jadi setelah kembali akan diadakan rapat dan kita dorong semua OPD untuk bembentuk semua saka termasuk Polri dan TNI,” sebutnya seraya meminta kontingen yang berangkat harus menjaga nama baik daerah. Dengan selalu aktif mengikuti kegiatan Jambore.

Baca Juga:  Kejari Halsel Mulai Vaksinasi Covid-19 Pegawainya

Di mana Kontingen Jambore Pulau Taliabu sebanyak 20 peserta ditambah 7 pendamping termasuk tenaga medis. (MT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.