oleh

Apdesi Ingatkan Kades Tidak Lakukan Pergantian Perangkat Desa

-Daerah-995 views

JAILOLO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa se Indonesia (Apdesi) Halmahera Barat (Halbar) meminta Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik tidak serta merta melakukan pergantian perangkat Desa.

Ketua Apdesi Rustam Fabanyo kepada focusmalut.com, Selasa (5/1/19) menyatakan, dirinya telah menerima informasi beberapa Kades yang telah dilantik mulai melakukan ancang-ancang mengganti perangkat Desa, olehnya itu, dirinya menghimbau kepada para kades untuk tidak serta merta melakukan pergantian perangkat desa yang saat ini sedang aktif menjalankan tugas.

“Beda kalau perangkat desa yang tidak aktif lagi menjalankan tugas bisa diganti,”ungkapnya.

Rustam menjelaskan, sesuai ketentuan, perangkat Desa diangkat berdasarkan usia yakni mulai dari usia 20 tahun sampai 45 tahun dan masa kerja perangkat desa sampai batas usia 60 tahun, jadi kalau perangkat desa yang masih aktif bekerja tidak bole diganti, karena regulasinya sudah jelas tentang pengangkatan perangkat Desa.

“Jadi saya berharap para Kades tidak semena-mena melakukan pergantian perangkat desa dan perangkat desa yang masih aktif agar selalu menjalankan tugas dengan baik,”katanya.

Rustan menegaskan, jika ditemukan ada Kades yang melakukan pergantian perangkat desa, maka Apdesi akan mengambil langkah tegas menghadapi Kades yang melakukan pergantian perangkat desa.

“Semangat kita adalah penerapan aturan, jadi saya berharap para kades selalu berkordinasi dengan pihak kecamatan dan DPMPD dalam segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah desa, sehingga dapat memaksimalkan tugas dan tanggungjawab di Desa,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *