oleh

Bawaslu Halbar Himbau Parpol dan Caleg Hindari Politik SARA

-Politik-1.665 views
Ketua Bawaslu Halbar, Alwi Ahmad

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten  Halmahera Barat (Halbar) meminta agar partai politik dan para calon anggota legislatif (Caleg) untuk menghindari kampanye berbau suku, ras, agama, dan antar golongan (SARA). Himbauan ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat, Alwi Ahmad, saat diwawancarai focusmalut.com, di ruang kerjannya, Senin (4/2/19) tadi.

Dikatakan, sesuai dengan tahapan pemilu, saat ini sudah memasuki masa kampanya. Oleh karena itu, partai politik dan para caleg menghindari kampanye yang berbau Politik SARA.

” Sekarang sudah memasuki masa kampanye,Kami berharap kampanye yang berbau Politik SARA dihindari baik oleh partai politik maupun para caleg,” ucap Alwi

Alwi juga berharap, masyarakat Kabupaten Halmahera Barat dapat membantu Bawaslu dalam melakukan fungsi pengawasan. Sebab, menurut Dia, pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye bukan semata-mata tugas Bawaslu akan tetapi tugas bersama.

“Kita utamakan pengawasan partisipatif, kalau misalkan ada pelanggaran di lapangan, kita berharap masyarakat bisa melaporkan kepada Bawaslu supaya ada penindakan,” harap Alwi

Semangat yang dikedepankan oleh Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye merupakan semangat pencegahan, sehingga hal-hal yang berpotensi terjadi pelanggaran dalam tahapan pemilu dapat dicegah terlebih dahulu.

Pihaknya juga menghimbau kepada panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan untuk terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pemilu dan apabila terdapat pelanggaran pemilu segera mungkin dicegah.

“Misalnya ada yang mau berkampanye, tidak ada surat pemberitahuan bisa saja di bubarkan. Untuk itu  kampanye para caleg harus sesuai dengan prosedur sehingga pemilu ditahun ini berjalan dengan sukses,” pungkas Dia.

(ieL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *