oleh

Enam Parpol Dipastikan Punya Kursi di Dapil Dua

-Politik-1.234 views
Foto pleno PPK Kecamatan Sahu Timur

JAILOLO – Sejumlah Partai Politik (Parpol) di Daerah Pemilihan (Dapil) II Kecamatan Sahu, Sahu Timur dan Ibu Selatan dipastikan tidak mendapatkan kursi di DPRD Halbar.

Hal ini menyusul dari perhitungan hasil sementara pada saat pleno tingkat PPK, dari 7 kursi yang ada di Dapil II, Parpol yang berpeluang mendapatkan kursi di DPRD yakni, Hanura 1 kursi, Demokrat 1 kursi, PDI-P 1 kursi, PKB 1 kursi, Nasdem 2 kursi dan untuk kursi terakhir diambil oleh Golkar 1 kursi.

Hanura bisa meraih satu kursi, karena dari komposisi 7 Caleg, Voni Suatlabesi meraih suara 903 diikuti perolehan suara ke dua Rinto Jalali dengan perolehan suara 611, sehingga total suara Hanura 1.513 suara yang diraih oleh Hanura. Sementara Nasdem 2.944, PKB 1.834, Demokrat 2.136, PDI-P 2.474, Golkar 1.508.

“Dari data Fom C1 yang kami kantong, Hanura berpeluang 1 kursi disusul partai Golkar posisi kursi terakhir,”ungkap Koordinator Komunitas Peduli Pemilu Halbar, Ismail Nelwan kepada wartawan Jumat (26/4/19).

Nelwan mengaku, saat ini ada tiga desa yang nantinya dilaksanakan PSU Sabtu besok, namun ada sejumlah masalah yang akan menggiring sejumlah Caleg ke ranah pidana, karena diduga kuat bersekongkol dengan pihak penyelenggara tingkat KPPS saat pemungutan dan penghitungan suara, khususnya di Desa Sasur Kecamatan Sahu.

“Kami meminta Panwascam dan Bawaslu membuka sejumlah masalah tersebut, karena ada oknum KPPS dan Caleg bersekongkokol merusak pesta demokrasi,”tegasnya.

Nelwan mendesak Bawaslu agar mengeluarkan rekomendasi diskualifikasi kepada Caleg yang melakukan pelanggaran pemilu.

“Harus didiskualifikasi terhadap Caleg yang telah melakukan pelanggaran pemilu,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *