Bupati Halsel Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana, Wapres Sebut Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana

HALSEL – Perkuat Sinergi dan kemampuan daerah dalam menghadapi bencana, Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2024.

Acara tahunan yang kali ini berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Rabu (24/4).

Turut hadir Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel Aswin Adam, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Riki Subur  serta pejabat dan jajaran BPBD Kabupaten Halmahera Selatan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi penyelenggaraan Rakornas PB 2024 sebagai upaya untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi penanggulangan bencana di Indonesia.  Lebih dari 2.000 peserta hadir pada puncak acara Rakornas PB 2024 yang mengangkat tema “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana”. 

BNPB mengangkat tema tersebut seiring dengan tantangan masa kini. Fenomena alam, berbagai jenis bencana dan kompleksitas dampaknya yang semakin berat berpengaruh pada peningkatan kerentanan wilayah terhadap bencana. Hal tersebut dapat diperburuk dengan dampak perubahan iklim dunia. 

Kondisi tersebut menuntut upaya penanggulangan bencana yang lebih cermat dan inovatif. Sehingga seluruh langkah dan rencana tanggap darurat yang dilaksanakan harus mampu mengurangi dampak bencana terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Saya minta agar pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di dalam negeri untuk terus dioptimalkan. Dorong integrasi teknologi dan inovasi berbasis data yang valid, sebagai kunci terwujudnya efektifitas dan efisiensi aksi dini dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” ujar Wapres Ma’ruf Amin saat membuka Rakornas PB 2024, di Pullman Grand Central Bandung, Rabu (24/4). (**)

Baca Juga:  Hari Pertama Tes CPNS Pultab, 61 Peserta Lolos Passing Grade 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *