oleh

Cegah Konflik Pilkades, Polsek Wasile dan Pemerintah Kecamatan Kumpul Cakades

-Halmahera-517 views

MABA – Polsek Wasile bersama Pemerintah Kecamatan Wasile  timur kebupaten Halmahea Timur (haltim) mengadakan pertemuan dengan sejumlah calon kepala Desa  (Cakades) yang akan bertarung pada Pimilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tanggal 20 Desember 2018 ini.

Selain cakades. Kegiatan silahturahmi tatap muka tersebut dihadiri oleh ketua panitia Pilkades di desa masing-masing, tokoh pemuda serta tokoh masyarakaat dan undangan lainnya.

Kegiatan silahturahmi ini, guna mengantisipasi terjadi konflik antara warga saat pemelihan kepala desa (Pilkades) serentak nanti.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Wasile IPDA Ahmad.M menghimbau kepada panitia pelaksana Pilkades, supaya menjalankan tugasnya dengan adil dan transparan serta mengikuti peraturan yang berlaku.

“kami menghimbau dan mengajak kepada para calon Kades agar berama-sama menjaga situasi Kamtibmas untuk memnghasilkan Pilkades yang aman, damia berkeadilan,” kata Kapolsek Wasile saat melakukan pertemuan yang berlangsung di kantor kecamatan Wasile Timur, Selasa (10/12/18) kemarin.

Kapolsek Wasile mengungkapkan, belum ada pihak yang berani menjamin atau memastikan keamanan selama proses Pilkades berlangsung nanti. Sehingga itu, orang nomor satu di Polsek Wasile ini,  akan mengarahkan kekuatan penuh guna melakukan pengamanan ketat jelang pelaksanaan Pilkades serentak nanti.

Dia berharap, Cakades harus mampu mengontrol semua anggota dan timnya dalam meraih maupun mengambil suara pemilih dengan cara-cara terhormat. Bukan dengan saling menjatuhkan sesama Cakades. Apalagi, lanjut Dia, saat ini, warga sudah cerdas untuk menentukan siapa kepala Desa yang telah menawarkan program unggulan mereka.

Baca Juga:  Pemkab Bakal Tunjuk Plt Direktur RSUD Haltim

“ Saya baru saja di lantik Senin 09 kemarin, dan hari ini (selasa) tugas pertama saya, untuk itu saya ajak, mari kita semua jaga keamanan di Wasile ini dengan menghindari semua jenis pelanggaran pada Pilkades nanti, guna menghindari konflik.” harap pria yang  pernah bertugas lama di Polres Ternate itu.

Sementara itu, Camat Wasile Timur, Ali Sadikin kepada wartawan, mengatakan, untuk Wasile Timur ada 6 Desa dan Calon Kepala Desa (Cakades) yang maju bertarung sekitar 22 orang.

Dikatakan, ada satu desa di Wasile, Cakades yang bertarung terdapat 6 orang sehingga harus satunya digugurkan.

“ Kalau mengacu pada peraturan Bupati (Perbub) satu Desa minimal yang bertarung  setiap Desa harus 2 sampai 5 orang Cakades saja, tidak bisa lebih, sehingga kalau satu di gugurkan maka  totalnya hanya 21 Cakades saja,” kata Camat Wasile Timur.

Pada pertemuan itu,  disaksikan oleh Polsek, perwakilan dari Koramil Wasile timur Kopral Ikram Ingi, dan Camat Wasile Ali Sadikin. Seluruh Calon Kepla Desa (Sakades) se Wasile Timur telah membuat MoU tentang  kesepakatan menjaga ketertibaan dan keamanan Kamtibmas menjelang Pilkades serentak di Kabupaten Halmahera Timur.

(pan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *