oleh

Setahun Polda Malut Tangani 14 Kasus Cyber Crime

-Hukrim-1.743 views

TERNATE – Kemajuan teknologi saat ini terkadang tak hanya dimanfaatkan masyarakat dalam kegiatan positif. Namun, dalam perkembangan, kemajuan teknologi juga dijadikan peluang bagi para ‘penjahat’ untuk melakukan kriminalitas di dunia maya atau media lainnya yang kerap dikenal dengan istilah kejahatan siber.

Cyber Crime atau kejahatan siber dalam istilah hukumnya adalah mengacu pada aktivitas kejahatan dengan computer,Hemphone atau jaringan komputer lainnya yang menjadi alat, sasaran, atau tempat terjadinya kejahatan.

Berdasarkan data yang dirilis Polda Malut, dalam kegiatan operasional kepolisian Polda Malut tahun 2018, di aula Mako Polda Malut, Senin (31/12/18).

Kapolda Malut Brigjen Pol. Naufal Yahya didampingi sejumlah Pejabat Utama menyampaikan Trend penanganan kasus subdit fismondev (cyber crime) yang dibagi dalam kejehatan transnasional, kejahatan kontijensi, dan kejehatan Gar Ham perbandingan di tahun 2017 jumlah tindak pidana (JTP) sebanyak 7 kasus dan jumlah penyelesaian tindak pidana (JPTP) sebanyak 6 kasus.

Namun di tahun 2018 JTP sebanyak 14 kasus,  7 kasus trendnya naik 100 persen. 14 kasus cyber crime atau kejahatan siber ditangani Polda selama 2018. Angka itu naik 100% dibanding pada 2017 trenya naik hanya 33 persen.

“Jumlah kejahatan transnasional cyber crime naik, tahun ini trendnya naik 100 persen,” kata kapolda Malut, Brigjen Pol. Naufal Yahya

Dilain sisi, Jendaral bintang satu ini juga berharap masyarakat bijak bersosmed, jangan sembarang share, posting dan lainnya, walau itu iseng.

“Kendati sepele, memang banyak perkara UU ITE yang mencolok,” terang Kapolda.

 (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *