oleh

Dapat Golkar, Usman-Bassam Diusung Koalisi Gemuk

Lounching APK Usman-Bassam dengan bergabungnya tiga partai politik dari Golkar, PAN dan Demokrat

HALSEL – POSISI bakal calon Bupati dan wakil bupati Halmahera Selatan Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba (Usman-Bassam) semakin kukuh dengan bertambahnya partai pengusung dari Golkar. Pesaingnya pada Pilkada kali ini diperkirakan muncul dari pasangan calonya Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan (Hello-Humanis) yang diusung oleh Partai Nasdem dan Hanura.

Sebelumnya Usman -Basam diusung oleh PKB, PKS, PSI dan partai lainnya yang hampir menguasai kursi di DPRD Halsel.  Belakangan, Demokrat (2 kursi), PAN (1 kursi) dan Golkar (5 kursi) menyatakan ikut merapat dalam barisan koalisi pengusung Usman-Bassam sehingga total dukungan mencapai 16 kursi di DPRD kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Partai pengusung lainnya ialah PKB (4 kursi) PKS (3 kursi), dan PSI (1 kursi). Dengan bergabungnya koalusi gemuk itu, kini tersisa empat partai, yakni PDIP (2 kursi), Gerindra (3 kursi), Berkarya (1 kursi) dan PKPI (2 kursi). Karena itu, peluang calon lain untuk maju melalui jalur partai semakin kecil.

Hal itu tidak mengherankan bila suhu politik di Halsel hingga kini masih dingin akibat minimnya calon yang akan maju di Pilkada. Peluang hanya akan muncul bagi calon yang akan merebut empat partai tersisa.

Sekretaris DPD II Partai Golkar Halsel, Rustam Ode Nuru, usai Lounching APK Usman-Bassam sebagai tanda bergabungnya Partai Golkar yang bertempat di desa Babang tadi, dengan tegas Rustam menyampaikan bahwa jika ada kaders yang sengaja melawan keputusan DPP Partai Golkar untuk memenangkan Usman-Basam di Pilkada Halsel  maka akan diberi sangsi tegas, bahkan dipecat dari kepengurusan Partai.

“Ini adalah amanah Ketum DPP Golkar Airlangga Hartanto, sudah ada instruksikan jelas maka seluruh kaders wajib mengamankan calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung partai Golkar saat ini,” tegas Rustam.

Ia mengatakan DPD II Golkar Halsel siap mendukung penuh dan mengamankan Usman-Bassam di Pilkada Halsel 2020.

“Dengan Lounching ini sebagai tanda bergabungnya Partai Golkar dengan calon Bupati dan Wakil Bupati Halsel Usman-Basam,” jelasnya

Sementara, Ketua tim pengarah Koalisi Usman-Bassam, Muhammad Kasuba (MK) mengatakan Lounching APK Usman-Bassam dengan bergabungnya tiga partai politik dari Golkar, PAN dan PKS maka dipastikan pendukung Usman-Bassam akan barsatu untuk menangkan Pilkada Halsel kali ini,” singat tegas mantan Bupati Halsel ini.

(cr5/uyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *