Dinkes Taliabu Target 15 Ribu Anak Ikut Imunisasi Lengkap

TALIABU – Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, gelar sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan sosialisasi lanjutan berlangsung di Balai Rakyat Desa Kilong, Selasa (17/05/2022)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisiya Marsaoly, mengatakan BIAN, merupakan upaya pemberian imunisasi secara terintegrasi yang meliputi imunisasi tambahan berupa satu dosis imunisasi campak rubella secara massal, dengan cara imunisasi kejang untuk melengkapi status imunisasi yang tidak lengkap.“Di Taliabu setiap tahun sasaran imunisasi dasar lengkap yang harus dikejar sebanyak 1689 anak untuk diberi imunisasi dasar lengkap.”katanya.

Dari sasaran dasar tersebut, tambah Kuraisiya, pihaknya hanya dapat menjangkau sekitar 128 anak, hal tersebut dipengaruhi adanya wabah virus Covid-19 sehingga pemenuhan imunisasi dasar lengkap tidak terlaksana secara maksimal.“Hal itu berlaku secara global bukan hanya di Taliabu saja, karena masa pandemi posyandu berjalan tidak normal sehingga imunisasi dasar lengkap tidak berjalan sesuai dengan target yang harus dicapai.” paparnya

Untuk dicapainya, pada bulan Imunisasi Anak Nasional. Dinas Kesehatan Taliabu menargetkan sebanyak 15 ribu yang harus dituntaskan dalam waktu satu bulan.“Insya Allah kita berkomitmen dalam waktu satu bulan kita mampu mencapai sasaran 15 ribu” katanya penuh optimisme

Ia menambahkan, Pencanangan bulan imunisasi anak nasional dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia mulai Rabu 18 mei 2022 dan dinas kesehatan Pulau Taliabu pun akan melaksanakan secara serentak diseluruh puskesmas.

Baca Juga:  Bagikan Masker Gratis, IKBW Halsel Imbau Masyarakat Tidak Panik Hadapi Virus Corona

Sosialisasi BIAN yang melibatkan petugas puskesmas sore itu di tandai dengan penandatanganan komitmen bersama dalam mensukseskan bulan imunisasi anak nasional oleh sejumlah Stakeholder Pemda Pulau Taliabu serta sejumlah organisasi profesi. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *