oleh

Ditresnarkoba Polda Malut Bekuk 4 Orang Pengedar Narkoba

-Kabar Utama-1.026 views
Ditresnarkoba Polda Malut, Kombes Pol. Setiadi Sulaksono, didampingi Kabid Humas Polda AKBP Adip Rojikan dalam konferensi Pers Pengungkapan Kasus Narkoba di Aula Kie Raha Polda Malut, Senin (20/01/2020). [ Foto : IL/Fokus Malut ]

TERNATE – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Maluku Utara berhasil membekuk pelaku pengedar Narkoba jenis Sabu dan Ganja sebanyak empat orang.

Hal ini disampaikan oleh Ditresnarkoba Polda Malut, Kombes Pol. Setiadi Sulaksono, didampingi Kabid Humas Polda AKBP Adip Rojikan saat Konferensi Pers di Aula Kie Raha Polda Malut, Senin (20/01/2020).

Dalam pengungkapan itu, Direktorat Reserse Narkoba Polda Malut mengamankan sejumlah barang bukti jenis Ganja seberat 78,62 gram dan sabu-sabu seberat 1,05 gram  dari tangan para tersangka.

Kombes Setiadi menjelaskan, telah mengungkapkan empat kasus terkait dengan Narkotika. Dari ke empat kasus itu secara bertahap juga berhasil meringkus 4 tersangka dan satu diantaranya merupakan pengedar Narkoba jaringan Kota Ternate. Ke empat tersangka itu diantaranya RS alias An (27), GIK alias Gun (21), RRS alias Udi (39) dan IAR alias Luis (35).

 ” tersangkanya 4 orang kita tangkap beserta dengan barang buktinya,” kata Setiadi

Sejumlah Barang Bukti Yang Diamankan Petugas Ditsernarkoba Polda Malut

Ia mengungkapkan, ke empat tersangka ini ditangkap secara bertahap, tersangka pertama RS alias An (27) ditangkap di daerah Jerbus tepatnya di Kelurahan Tanah Tinggi Barat, Kota Ternate Selatan dengan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 0,15 gram, uang tunai senilai Rp. 1.000.000.00, dari hasil jualan sabu-sabu dan 1 unit Hp Vivo. Menurut Setiadi tersangka RS alias An (27) ditangkap saat sedang melakukan transaksi.

Penangkapan kedua di jalan raya swering, tepatnya di pantai Falajawa Kelurahan Gamalama Kota Ternate Tengah. Tersangka kedua yang dibekuk berinisial GIK alias Gun (21). Tersangka Gun ditangkap dengan barang bukti 0,54 gram sabu. Tersangka ketiga lanjut Dia, dengan inisial RRS alias Udi (39), ditangkap pada saat berada di kamarnya beralamat Kelurahan Bastiong, sedang menggunakan Narkoba jenis Sabu dengan berat 0,36 gram dan juga barang bukti penghisap (tirex).

Sedangkan tersangka ke empat inisial IAR alias Luis (35), ditangkap di daerah Kelurahan Bastiong Talangame, dengan barang bukti berupa 40 sachet kecil daun ganja kering dan 1 sachet besar serta 2 sachet kecil diduga biji-bijian ganja dengan keseluruhan seberat 78,62 gram.

Setiadi menjelaskan dari hasil penangkapan ke empat tersangka pengguna Narkotika ini, saat dikembangkan ternyata tiga diantaranya ada keterlibatan dari beberapa warga binaan yang ada di lapas.

” Tersangka An (27), Setelah dilakukan pengembangan, diketahui ada keterlibatan dengan warga binaan di Lapas Ternate. Gun (21) juga diduga ada keterlibatan dengan warga binaan lapas yang ada di Makassar. sementara Luis (35) setelah dikembangkan mempunyai jaringan di jawa,” jelasnya.

Dengan penangkapan 4 tersangka ini, pihaknya Kepolisian akan terus mendalami jaringan peredaran Narkotika. Akibat dari keterlibatan penyalahgunaan Narkotika, ke empat tersangka dikenai Pasal dengan UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Tersangka inisial RS alias An (27) dikenai pasal 112 ayat 1 dan pasal 114 ayat 1. Tersangka GIK alias Gun (21) dikenai pasal 112 ayat, RRS alias Udi (39) dikenai pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 dan IAR alias Luis (35) dikenai pasal 114 ayat 1 dan pasal 111 ayat 1.

(IL FCM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *