oleh

Dorong Penggunaan Dana Desa Lebih Efektif, Pemkab Pultab Gelar Rakor TIK-PID

-Daerah-1.076 views
Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Kabupaten Pulau Taliabu Tahap I tahun 2019 | Foto: Raka

TALIABU –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pulau Taliabu melalui Tim Inovasi Kabupaten (TIK) menggelar Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Kabupaten Pulau Taliabu  tahun 2019  di Aula Kantor Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Jum’at (26/7/2019).

Rapat Koordinasi TIK merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan Desa dalam rangka penggunaan Dana Desa yang lebih evektif dan inovatif.

Acara yang diawali dengan penyampaian Laporan Ketua Panitia Penyelanggara, Sukrin La Sanya, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Bupati Pulau Taliabu Bapak Ramli, yang sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi TIK tahun 2019.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pulau Taliabu sangat menyambut baik dan mendukung Program Inovasi Desa guna mendorong pemanfaatan Dana Desa lebih berkualitas lagi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa setempat.

“Inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumberdaya desa akan semakin bersaing, infrastrukturnya menjadi lebih baik yang akan secara tidak langsung menggerakan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi Kab. Pulau Taliabu secara keseluruhan,” ungkap Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga mengungkapkan program inovasi desa (PID) merupakan salah satu upaya Kemendesa PPDT untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2016 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan melaksanakan pembangunan Desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

“PID sebagai upaya mendorong meningkatkan kualitas pemanfaatan Dana Desa ( DD ) dengan memberi rujukan inovasi pembangunan desa. Hal ini juga untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pembangunan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pembangunan sumber daya manusia serta infrastruktur desa,” jelas Wakil Bupati.

Pada Rapat Koordinasi TIK ini juga hadir Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Pulau Taliabu, Gama Ashar , Plt. Kakesbangpol Pultab, Sunadi Buamona, perwakilan dari Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Pokja PPID, Pokja P2KTD, Pokja TPID, Pokja Pendamping Desa, Pokja Pendamping Desa lokal, dan Tenaga Ahli P3MD. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *