oleh

DPMD Halsel Hentikan Pencairan Dana Desa Indomut Tahap Tiga

-Kabar Utama-1.592 views
Kepala DPMD Halsel, Hi. Bustamin Soleman

LABUHA – Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Selatan, menghentikan pencairan dana desa (DD) tahap tiga  tahun 2019 untuk desa Indomut yang diketahui bermasalah.

Hal tersebut dilakukan DPMD menyusul adanya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Halsel tahun 2018, yang di audit Inspektorat Halsel tertanggal 6 Juni 2019.

kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Bustamin Soleman secara tegas menyampaikan, pencairan anggaran Desa Indomut tahap tiga tahun 2019 akan ditahan sambil menunggu Kepala Desa Indomut, Suaib Ali menyelesaikan temuan tahun 2018 maupun tahap satu,dua tahun 2019.

” Penyelesaian anggaran tahap satu,Dua tahun 2019 yang dimaksudkan adalah pekerjaan fisik yang telah berjalan. Minimal ada progres capaian di lapangan, ” kata Bustamin kepada media ini.

Bustamin mengakui hasil audit ABPDes Indomut tahun 2018 telah selesai diperiksa dan telah tersampaikan total temuan yang didapatkan pada saat audit. Mengenai dengan anggaran desa tahap satu dan dua tahun 2019, Bustamin mempersilahkan Inspektorat turun mengaudit langsung ke lapangan. Jika ada temuan maka sampaikan berapa besar nilai kerugian nya.

“Dalam waktu dekat jika tim auditor Inspektorat sudah turun untuk audit pekerjaan dari 20 persen dan 40 persen pekerjaan maka akan ada rekomendasi berupa penyelesaian nilai kerugian,” jelas Bustamin.

Ia juga menegaskan jika ada instruksi pergantian Kades Indomut, BPMD akan melaksanakan instruksi tersebut. Untuk itu Bustamin berharap secepatnya Inspektorat secepatnya mengaudit anggaran fisik balai desa yang sementara ini bangunan. Jika ada temuan maka BPMD juga akan berkoordinasi dengan Bupati untuk memberhentikan sementara Suaib Ali sehingga fokus pengembalian temuan tersebut.

(IL FCM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *