DUA Wanita Pemandu Lagu Cafe Karoke di Pulau Obi Halsel Positif HIV

Razia satpol PP disejumlah tempat karoke hiburan malam kecamatan Pulau Obi Halsel.

HALSEL – Belasan Pemandu lagu (PL) yang terciduk saat dilakukan razia gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) bersama petugas kesehatan RS Obi. Pada Sabtu (28/10/2023) malam. Beberapa tempat karaoke hiburan malam di kecamatan Obi desa Laiwui yang di razia itu, petugas kesehatan langsung melakukan screening HIV. Setelah dicek kesehatan oleh dokter, Dua Pemandu lagu ditemukan positif HIV.

“Kami  arahkan untuk membawa semua para Pemandu Lagu untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan. Ternyata ada yang terindikasi (terkena virus HIV),” ujar Kabid Penegakan Perda dan Perundang-undangan Satpol PP Halmahera Selatan Irvan Zam-Zam 

Selain dua orang perempuan yang positif HIV ada juga yang terindikasi reaktif, dan Senin Besok mereka dinyatakan Reaktif akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan di Puskesmas,”ungkap nya. 

Disentil tindak lanjut dari dua orang PL yang positif HIV itu, Irvan bilang mereka akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya. 

Dari hasil pendataan, para wanita Pemandu Lagu itu bukan warga Kabupaten Halmahera Selatan dan semuanya adalah pendatang. 

“Semuanya berasal dari luar. Saat ini kami akan menggelar rapat terkait hasil temuan ini,”tambahnya 

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat Halmahera Selatan agar selalu menjaga diri hal hal negatif seperti ini. 

” Kami akan selalu melakukan razia razia di sejumlah tempat karoke. Tujuan agar hal hal seperti ini tidak lagi disepelekan yang akan berakibat fatal,” tegasnya. 

Baca Juga:  Jumlah Kasus DBD di Halsel Meningkat, Dinkes Minta Peran Masyarakat

Sementara informasi yang diterima media ini terkait sanksi bagi kedua tempat hiburan itu, pemda masih akan menggelar rapat terkait legalitas tempat tempat karaoke tersebut.

Jika memang tidak mengindahkan peraturan, Pemda Halsel tidak segan-segan untuk menutupnya.

“Terkait sanksi nanti kami rapatkan ya,” ujar salah satu Kadis yang enggan diberitakan. (Bz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *