oleh

Gunung Ibu Semburkan Abu, BPBD Bagikan 4.500 Masker

-Kabar Utama-1.034 views
BPBD bagikan masker kepada Siswa-siswi sekolah

JAILOLO – Gunung Ibu Kecamatan Tabaru Halmahera Barat (Halbar) kembali terjadi erupsi.  Erupsi Gunung Ibu yang terjadi pada Selasa (12/2) lalu itu, mengeluarkan abu vulkanik, sehingga ada 8 desa di Kecamatan Ibu Selatan terdampak abu gunung ibu. Desa-desa yang terdampak abu gunung, diantaranya, Desa Gamsungi, Bataka, Talaga, Tobelos, Gam Konora, Sarau, Togola Wayoli dan Togola Sanger.

“Kami dapat laporan dari pos pemantau gunung, bahwa Selasa lalu gunung ibu kembali erupsi, sehingga kami turun membagikan masker kepada masyarakat,”ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halbar Imran Lolori yang dikonfirmasi, Kamis (14/2).

Imran menambahkan, untuk mengantisipasi jangan sampai gunung ibu kembali mengeluarkan abu vulkanik, maka BPBD langsung turun ke Desa-desa yang terkena dampak erupsi untuk membagikan 4.500 masker kepada masyarakat dan sekolah-sekolah.

“Masker kita bagikan ke semua sekolah yang ada di 8 desa untuk mengantisipasi jangan sampai gunung ibu kembali mengeluarkan abu vulkanik,”pungkasnya.

Petugas BPBD saat membagikan masker ke warga

Sementara Irwan salah satu warga Desa Talaga Kecamatan Ibu saat ditemui menyatakan, masker sangat dibutuhkan oleh warga terutama anak anak, karena gunung ibu setiap saat mengeluarkan abu vulkanik, olehnya itu, langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar melalui BPBD membagikan masker kepada anak anak sekolah sangat penting dan patut diapresiasi.

“Saat ini abu gunung sudah mulai berkurang, tapi aktifitas sembarang abu gunung kapan saja bisa terjadi, jadi pembagian masker oleh BPBD sangat dibutuhkan,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *