oleh

Ikatan Arsitek Indonesia Apresiasi Kebijakan Bupati

-Daerah-1.047 views

JAILOLO – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menutup kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan di Kota Ternate dengan mengunjungi Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu (16/03/2019) akhir pekan.

Puncak kegiatan Rakernas dengan cara mengunjungi Halbar, akhir pekan kemarin itu, para arsitektur membuat tema kunjungan “Jelajah Pusaka Arsitektur” dengan mengunjungi rumah adat Sasadu yang terletak di desa Gamtala dan desa Akelamo. Rombongan IAI yang berkunjung di Halbar notabene peserta Rakernas IAI dari perwakilan setiap provinsi di Indonesia.

Saat kunjungan tersebut, para Arsitek yang tergabung dalam IAI sangat terkesima dan sekaligus bangga terhadap salah satu warisan yang sampai saat ini tetap dijaga.

“Kekayaan arsitektur vernakular ini memang terdapat di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Maluku utara, Kabupaten Halmahera Barat. Ini menunjukan Bupati membuktikan komitmennya untuk menjaga dan melestrikan aset/artefak Halbar dengan mengeluarkan perintah membongkar semua bangunan tradisional yang sudah dibeton untuk dikembalikan kepada bentuk aslinya. Hal tersebut adalah contoh terobosan revolusioner dari seorang pemimpin negeri yang kebijakannya cukup luar biasa,”ungkap Ketua IAI Nasional Ahmad Djuhara, kepada wartawan Minggu (17/03/2019) tadi.

Ia menambahkan, sebelum dilaksanakannya Rakernas, IAI Malut sudah membangun kerjasama dengan Pemda Halbar, untuk memilih konsep jelajah arsitektur, yakni kepemeliharaan rumah adat Sasadu yang sudah terkenal di kalangan para Arsitek, dengan kunjungan itulah para peserta rakernas dari perwakilan provinsi se-Indonesia berterima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda), dengan menghadirkan jamuan terhadap kunjungan tersebut, semoga ini memberikan kesan bahwa Halbar bukan hanya  kaya dengan sumber daya alamnya, akan tetapi Halbar pun kaya akan pusaka arsitekturnya, serta Bupatinya  yang punya kepedulian terhadap budaya.

“Rombongan IAI ke Halbar menggunakan transportasi kapal laut yang difasilitasi oleh Pemda Halbar serta memberikan jamuan dan rombongan IAI diajak untuk menikmati keindahan alam di pantai bobanehena, sambil mencicipi makanan khas Maluku Utara serta bermacam buah-buahan,”katanya.

IAI lanjut Ahmad, siap membantu Pemda Halbar kedepan untuk melakukan penataan konsep desain arsitektur jika dibutuhkan.

“Kami juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada pak Bupati Halbar Dany Missy atas kebijakannya terkait rumah adat sasadu,”pungasnya.

(HB/PN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *