oleh

Inilah Lima Daerah di Maluku Utara Endemik Kaki Gajah

-Kesehatan-264 views

Ternate –  Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara saat ini intens melakukan upaya pencegahan kasus Penyakit Kaki Gajah pada daerah yang menjadi endemik kasus tersebut.

Di Provinsi Maluku Utara ada 5 daerah endemik kasus penyakit Kaki Gajah yaitu Kabupaten Pulau Morotai, Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara dan Kepulauan Sula serta Kota Tidore Kepulauan sudah selesai dilakukan pengobatan 5 putaran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara dr. Hj. Andi Sakurawati mengatakan, lima kabupaten di Maluku Utara yang endemik penyakit Kaki Gajah telah dilakukan pengobatan secara serentak.

”Pengobatan yang dilakukan di daerah endemik penyakit Kaki Gajah tersebut selama lima tahun dengan memberikan obat pencegahan missal,” Ungkap dr. Hj. Andi Sakurawati, Senin (1/11/2018).

Dalam pemberian obat pencegahan massal tersebut kata dr. Hj. Andi Sakurawati dalam setahun hanya diberikan sekali saja obat Kaki Gajah, sehingga akan dapat melakukan pencegahan terhadap penderita penyakit Kaki Gajah.

Dalam penetapan daerah endemik dan diberikan pencegahan telah dilakukan lebih dahulu survei karena adanya laporan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan memeriksa penderita penyakit Kaki Gajah yang diakibatkan Cacing Vilaria.

Dari lima daerah yang menjadi daerah endemik tersebut untuk Kabupaten Pulau Morotai memasuki pengobatan putaran kelima sementara 4 kabupaten lainnya yaitu Kepulauan Sula, Halmahera Tengah, Halmahera Utara dan Halmahera Barat pengobatan memasuki putaran keempat dari lima putaran pencegahan dalam lima tahun. (kbrn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *