oleh

Inspektorat Kepsul Soroti Penggunaan Anggaran Daerah, DD Dan ADD

-Daerah-1.921 views
Kantor Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula | Foto: Arfa Sibela

SANANA – Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) pada tahun 2020 ini, akan memperketat sistem pengawasan keuangan daerah lebih khusunya terkait Dana Desa,  yang telah ditetapkan dalam program tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh kepala inspektorat Kepsul H. Kamal Sangahi saat ditemui di ruangan kerjanya, menyatakan mulai tahun 2020 pihaknya beserta tim akan memperketat sistem pengawasan setiap penggunaan keuangan daerah dan Dana Desa, sesuai dengan program kerja yang sudah di rencanakan.

“Mulai 2020, kami fokus pada sistem pengawas pengguna anggaran pada Pemerintah Daerah terkhususnya pada 36 SKPD, 78 Desa dan 158 Sekolah dalam penggunaan anggarannya,” jelas Kepala Inspektorat H. Kamal Sangahi.

Lanjut, H. Kamal mengatakan, sesuai dengan program kerja tahun 2020, maka dalam waktu dekat akan memberangkatkan staf auditor untuk mengikuti diklat guna bisa berimbang dalam pemeriksaan keuangan daerah baik di 36 SKPD Dan 78 Desa, 158 Sekolah dalam pemangku pengelolaan keuangan pada pihak terkait.

“Untuk mengikuti Staf Tim Auditor diklat ini juga bertujuan meningkatkan SDM dalam melakukan Auditor keuangan,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, mereka juga menginginkan ada pengaduan masyarakat, terkait dengan penglolaan keuangan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) secara rinci dan sistematis, agar kami memerintahkan tim auditor untuk memeriksa tepat sasaran.

“Saat ini kami telah melakukan pemeriksaan di Dua Desa yakni Desa Nahi, Kecamatan Sulabesi Barat, dan Desa Waigoiyofa, Kecamatan Sulabesi Timur. Sesuai pengaduan masyarak desa setempat kepada pihak inspektorat,” pungkasnya. (Arfa Sibela)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *