oleh

Inspektorat Pultab Akan Tindak Tegas Penyalahgunaan Dana Desa

-Daerah-948 views
Kepala Inspektorat kabupaten Pulau Taliabu, Jufri Sahrudin, S.STP.,M.Si | Foto: Ist

TALIABU – Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu akan mulai bertindak tegas untuk setiap pelanggaran dalam penggunaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Hal itu dilakukan karena inspektorat sudah memberikan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan intensif kepada aparat desa terkait penggunaan dan pelaporan DD dan ADD.

Kepala Inspektorat kabupaten Pulau Taliabu, Jufri Sahrudin, S.STP.,M.Si mengatakan, selama ini pihaknya sudah berupaya sangat keras agar aparat desa memahami regulasi penggunaan DD dan ADD. “Kami sudah membina sebagai langkah preventif sebelum pemeriksaan dan tindakan,” ujarnya saat ditemui Rabu (21/8/2019).

Jufri menegaskan, semua kepala desa harus paham regulasi serta menggunakan anggaran DD dan ADD dengan berpedoman pada regulasi tersebut. Ia menilai tidak ada lagi alasan aparat desa tidak paham tentang aturan.

“Para kepala desa agar kelolah anggaran itu dengan baik sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku, jangan di luar dari aturan karena kalau salah maka saya akan tindak juga sesuai dengan peraturan yg berlaku,” tegasnya.

Oleh karena itu Jufri berkomitmen bahwa mulai saat ini pemeriksaan dan tindakan tegas akan diterapkan kepada desa yang tak berpedoman pada regulasi dalam penggunaan DD dan ADD.

“Kami akan tindak tegas bagi kepala-kepala desa yang sengaja melakukan kesalahan dalam pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa. Kami tidak main-main, karena ini juga perintah pa bupati apabila ada yang melakukan kesalahan biar sekecil apa pun segera lakukan penindakan,” ungkap kepala Inspektorat kabupaten Pultab, Selasa,(20/08/2019) di ruang aula kantor Bupati pultab.

Saat ini, kata Jufri, Inspektorat akan turun lakukan monitoring ke 71 desa dan pemeriksaan pekerjaan fisik mau pun administrasi.

“Dalam waktu dekat ini kami sudah turun monitoring dan bulan depan itu sudah selesai jadi kalau memang ada temuan-temuan maka kami akan langsung audit,” katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat harus proaktif dalam pengawasan pengelolaan DD dan ADD di masing-masing desa, apabila ada pelanggaran maka ia meminta pada masyarakat untuk segera laporkan kepada Inspektorat.

“Ya jadi masyarkat juga harus proaktif dalam mengawasi anggaran DD dan ADD ini sehingga kalau ada kesalah-kesalahan maka lapor ke kami nanti kami langsung tindak lanjuti kami langsung turun audit,” jelasnya. (Sb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *