oleh

Kadis PUPR Tuntut Media Penyebar Hoax Dan Fitnah ke Dewan Pers

Pengaduan Pemberitaan Kadis PUPR di Dewan Pers

JAKARTA – kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Ternate, Risval Tri Budiyanto melaporkan media online CORONGNEWS.co.id ke Dewan Pers (DP), terkait pemberitaan yang memfitnah dan merugikan dirinya serta instansi Dinas PUPR kota Ternate yang dipimpinya itu.

“ Apa yang diberitakan oleh media online CORONGNEWS.co.id sama sekali tidak benar, fitnah, dan tidak berdasar  pada karya jurnalistik,” kata Kadis PUPR Risval ketika diwawancarai wartawan, Kamis (25/10/18) di Jakarta.

Risval menyesalkan berita dari media CORONGNEWS.co.id tanpa ada konfirmasih, tidak berdasar bahkan tidak berimbang berdasarkan kode etik pers, atas dasar itulah Risval dan pihaknya melaporkan media online CORONGNEWS.co.id ke dewan Pers.

Risval menjelaskan, pihaknya sangat menghormati kebebasan pers, oleh karena itu permasalahan ini akan diselesakan melalui Dewan Pers.

Surat Penggilan ke media Online Corongnews.co.id

Sementara Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakkan Etika Pers (KPMPERS) Dewan Pers, Imam Wahyudi, mengatakan Dewan Pers sudah melayangkan surat pemanggilan pertama ke media CORONGNEWS.co.id yang beralamat di Jakarta untuk mempertanggung jawabkan pemberitaan tersebut, hanya saja pada penggilan pertama pimpinan atau dewan redaksi media CORONGNEWS.co.id tidak hadir, hanya korban atau pegadu yang hadir.

Sidang Pertama di Dewan Pers dipimpin oleh Ahmad Jauhar Hendri Bangun serta staf Dewan Pers Nezar Patria

 

Dewan Pers juga geram atas pemberitaan  media online CORONGNEWS.co.id yang dianggap tidak berdasar dan beropini, sehingga Imam akan melayakan atau mengundang  kembali media yang diadukan itu secepatnya. Nantinya akan dilakukan proses klarifikasi, termasuk pertanggung jawaban dalam konteks etik.

“Kita harus belajar dari persoalan ini bahwa masalah kecepatan itu (berita) juga jangan sampai kita tidak berhati-hati, mengabaikan tata cara penulisan dan beropini bahkan sifatnya menyerang. Sehingga ke depan semua media bisa mengedepankan prinsip jurnalisme, yaitu akurat, balance, dan clear,” tegasnya. (Riff)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *