oleh

Kemeriahan Pembukaan Porprov Malut III 2019 di Halsel

Penyerahan piala bergilir kepada Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, sebagai tuan rumah Porprov ke-III tahun 2019. 

BACAN – Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Maluku Utara III tahun 2019 yang berlangsung Sabtu (14/12/2019) di stadion Gelora Bahrain Kasuba (GBK) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) berlangsung meriah. Ribuan masyarakat memadati area GBK menyaksikan pesta pembukaan Porprov Malut 2019.

Pembukaan dimulai dengan defile atlet dari 9 kabupaten/kota di Malut yang akan bersaing dalam ajang Porprov. Mereka menyapa masyarakat yang hadir diiringi dengan atraksi kesenian daerah masing-masing.

Selanjutnya, sejumlah tarian khas di kabupaten Halmahera Selatan ditampilkan dari tarian Togal, soya -soya dan Cakalele, menjadi persembahan pembukaan Porprov ke III 2019 di kabupaten Halsel yang dibuka oleh Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba didampingi Ketua DPRD Maluku Utara Kuntu Daud, Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halmahera Selatan Nurlaila Muhammad, pimpinan SKPD Provinsi Malut, ketua KONI Malut Jafar Umar dan anggota DPRD kabupaten Halmahera Selatan.

“Ajang yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Gelora Bahrain Kasuba di Desa Tuokona, Bacan Selatan ini, terdapat 10 cabang olahraga (cabor), yang akan dipertandingan selama sepekan,” kata Ketua Panitia Porprov, Jasman Abubakar.

Porprov kali ini diikuti 1.096 atlet dan offical. Mereka berasal dari 9 kabupaten dan kota di Malut yang akan mengikuti 10 Cabor. atletik, pencak silat, tinju, voli ball, bola kaki, karate, balap motor, tenis meja, bulu tangkis, dan taekwondo.

Event ini, kata Jasman, terlaksana berkat kerja sama antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Maluku Utara, Pemkab Halsel, dan berbagai pihak lainnya.

Kontingen Halsel didampingi oleh Kadis Pemuda Olahraga, Sek KONI Halsel Adhi Ngelo dan staf bersama Atlet

Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba usai membuka porprov, menyampaikan apresiasi kepada KONI Malut dan Pemda Kabupaten Halsel dalam menyiapkan Porprov III 2019.

Pada kesempatan itu Gubernur menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan di kabupaten/kota se-Malut yang telah membina para atlet.

“Kami beri penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Halsel dan seluruh jajaran Kabupaten dalam memeprsiapakan Porprov Malut ini secara maksimal,” jelas Gubernur.

Menurut Gubernur, Porprov Malut III 2019 merupakan puncak kompetisi seluruh atlet di Malut dan sekaligus sebagai bahan evaluasi atas pembinaan yang telah dilakukan.

Oleh karena itu menurutnya Porprov Malut ke III ini bukan hanya sekadar peraihan medali atau menaikkan peringkat daerah sebagai ukuran keberhasilan atas pembinaan.

“Tetapi, ajang ini juga merupakan evaluasi secara menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” tegas Gubernur dua periode ini.

Sementara, bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba, dalam sambutanya, mengatakan, gelaran porprov ini memang baru pertama kali digelar di Halsel, olehnya itu diharapkan menjadi motor pencarian bibit-bibit atlet yang bisa memperkuat Kabupaten Halsel di event yang lebih tinggi tingkatannya.

“Semangatnya kita harus menciptakan atlet potensial yang bisa membawa harum nama Halsel dikancah nasional maupun internasional. Lewat event ini, kita berharap mutu dan kualitas atlit meningkat, untuk menghadapi lomba yang lebih tinggi jenjangnya,” kata Bahrain Kasuba.

Para pemenang dari Porprov tersebut, lanjut Bupati, bakal diproyeksikan untuk mengikuti ajang pekan olahraga di tingkat Nasional.

“Olahraga harus bisa menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat persatuan semasa anak bangsa di Malut,” jelas Bahrain.

(Bmz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *