Ketua PKK Instruksikan Pengurus TP-PKK Desa Onemay Ikut Andil

TALIABU – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Zahra Yolanda Mus, menginstruksikan kepada pengurus TP-PKK Desa Onemay, untuk terus antusias melakukan pembinaan terhadap kader PKK di setiap desa yang akan mengikuti lomba 10 program pokok PKK tingkat Provinsi.

“Untuk memenangkan lomba, kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan serta kerjasama yang baik antara pengurus TP PKK kecamatan dan desa,” jelas istri Bupati Pulau Taliabu ini.

Baca Juga:  Hari ini Rombongan Pangdam XVI Pattimura Maluku Berkunjung ke Taliabu, Ini Jumlahnya

Lebih lanjut, Ia mengatakan pembinaan ini ditujukan kepada para pengurus PKK kelurahan dan kecamatan untuk mempersiapkan diri menghadapi lomba 10 program PKK tingkat kabupaten. Adapun kegiatan yang akan dilombakan adalah lomba tertib administrasi PKK dan Dasawisma, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), lomba Pemanfatan Tanah Pekarangan (Hatinya PKK), Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test).

“Lomba ini dilaksanakan setiap tahun mulai dari tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat kota/kabupaten dan tingkat provinsi. Untuk itu dalam pelaksanaannya harus dikemas dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku, dan tahun ini lomba tingkat kabupaten akan diselenggarakan pada akhir bulan ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Warga RT 02 Desa Hidayat Minta Jalan Rusak Diperbaiki

Ny Aliong juga menjelaskan bahwa kegiatan kesekretariatan/ bidang umum tugasnya yaitu  melaksanakan tertib administrasi, memantapkan kelembagaan pkk mulai dari desa, dusun, RW, RT dan dasa wisma, serta memberdayakan kelompok – kelompok dasa wisma.

“Kegiatan pokja I meliputi : tertib administrasi pokja 1, melaksanakan giat sosial dengan yayasan yatim piatu “hasanul ikhlas” dan yayasan santunan dhuafa “tsamrotul ukhwah”, pembinaan karang taruna – karang werda, melaksanakan kegiatan keagamaan dan rukun kematian, pelaksanaan kadarkum, dan pembinaan forum anak,“ tuturnya.

Sedangka, untuk kegiatan pokja II meliputi : tertib administrasi pkk pokja II, program kampung matematika, program kampung tukang, klinik pos konseling up2k pkk , pelaksanaan up2k pkk, kopwan, bkm sae, bumdes gayuh sandang dan penjualan online, perpustakaan desa dan pelaksanaan program bkb.

Baca Juga:  BKN Regional XI Manado Gelar Kegiatan Validasi Jabatan, Ini Pesan Bupati Pulau Taliabu

Untuk kegiatan pokja III adalah tertib administrasi pkk pokja III, melaksanakan dan memasyarakatkan hatinya pkk, menciptakan kampung hijau dan pokja proklim, percontohan rumah toga, pemberdayaan kelompok wanita tani (kwt) subur makmur melalui tanaman organik, pelaksanaan daur ulang sampah melalui program bank sampah, kampung hidroponik dengan aneka sayuran dan ternak ayam joper dan kambing, kelompok budidaya ikan.

Terakhir dirinya mengatakan untuk kegiatan pokja IV adalah tertib administrasi pokja IV, pelaksanaan posyandu balita, remaja, lansia dan posyandu jiwa (odgj), pelaksanaan kelas ibu hamil, kelas ibu balita, pelaksanaan pos bindu (pembinaan terpadu), dan program ukk (upaya kesehatan kerja). (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *